All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Kunjungan SD4 ke Galeri Indonesia Kaya

Kali ini Siswa-siswi SD4 berkesempatan untuk outing ke Galeri Indonesia Kaya. kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 07 Agustus 2019. Siswa-siswi menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi karena bertepatan dengan tema kelas. Selain lebih hemat, menggunakan transportasi umum dapat membantu kita mengurangi polusi udara lho, karena mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang biasanya hanya dapat mengangkut sedikit orang. Siswa dikenalkan alat transportasi yang banyak dimanfaatkan sebagai sarana bepergian, seperti angkot, bus dan lain-lain. Siswa juga dikenalkan alat transportasi yang baru hadir di Jakarta yakni Mass Rapid Transit (MRT).

Siswa dilibatkan aktif saat proses perjalanan menggunakan kendaraan umum, mulai dari mengetahui tarif sesuai dengan tempat pemberhentian yang akan di tuju, dan mengoperasikan langsung kartu tap pintu masuk. Perjalanan menggunakan angkot dari sekolah, dilanjutkan naik MRT dari stasiun Lebak Bulus sampai stasiun Bundaran HI Jakarta.

Siswa berjalan kaki dari bundaran HI sampai ke lokasi yang jarak nya tidak terlalu jauh dari stsiun bundaran HI. Tiba di lokasi, siswa dengan semangat mengeksplorasi segala bentuk informasi yang tersedia di sana. Selanjutnya siswa juga diberi kesempatan untuk menyimak presentasi dari pihak galeri indonesia kaya dimana siswa mendapatkan informasi tentang keragaman budaya indonesia, pembagian wilayah indonesia beserta keragamannya masing-masing. Kegiatan dilanjutkan dengan aktifitas membuat kerajinan tangan (scrap paper) membuat bentuk ondel-ondel.

Selain mengenal bentuk-bentuk transportasi, dalam kegiatan ini siswa-siswi SD 4 secara tidak langsung juga dapat mulai belajar manajemen perjalanan. Kegiatan manajemen perjalanan yang lebih kompleks akan mereka alami di SD 5 dengan melakukan perjalanan backpack ke lokasi yang cukup jauh, bahkan ketika di SM mereka juga harus mengatur perjalanan mereka ke luar negeri dalam kegiatan transcountry. Semoga siswa-siswi dapat menjadi pribadi-pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

By : Ms Novi