All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
6e5de495cb62b3cdcae9358639a1b1f4.jpg

Anak Berkebutuhan Khusus

Rr. Finandita Utari, M. Psi

School of Universe mengembangkan pusat terapi dan konsultasi Learning Support Center dalam hal pelayanan untuk siswa berkebutuhan khusus. Pada dasarnya siswa berkebutuhan khusus mengalami apa yang disebut spektrum, yang menyebabkan antara siswa yang satu dengan siswa lainnya berbeda/unik. Untuk itu kami akan memberikan pendekatan terbaik dalam penanganannya.

Dalam metodenya, kami menerapkan pendekatan inklusi, dimana siswa berkebutuhan khusus akan berinteraksi dengan siswa lainnya (dengan pendampingan khusus) di dalam kelas reguler. Kami juga memberikan program yang berkesinambungan dan terpadu dalam mengolah serta mengembangkan kemampuan siswa berkebutuhan khusus agar kelak menjadi individu yang mandiri.

SOU Learning Support Center percaya bahwa siswa dapat meraih potensi maksimumnya jika diberi penanganan yang tepat. Pelayanan yang diberikan akan bermanfaat bagi siswa dengan gangguan perkembangan, keterampilan untuk hidup serta kemandirian.

Untuk dapat memberikan kualitas terapi yang baik, para terapis senantiasa berusaha untuk meningkatkan pendidikan baik secara formal maupun non formal di dalam dan di luar negeri agar para klien mendapatkan penanganan yang mutakhir dan berkualitas. Bagi orang tua siswa yang merasa membutuhkan konsultasi dalam permasalahan anaknya dapat menggunakan jadwal konsultasi dengan psikolog dan konsultan kami Ibu Rr. Finandita Utari, M. Psi.

Kurikulum yang kami terapkan terdiri dari kurikulum dasar, Akademik dasar (membaca, menulis, matematika), Perilaku, Keterampilan sosial, keterampilan komunikasi, Activity Daily Living (ADL) dan agama.

Pada tingkatan lanjutan, terdiri dari pengenalan program kerja, program kejuruan (komputer, memasak, administrasi, art, dan sebagainya) serta keterampilan komunikasi dan sosialisasi di tempat kerja

Pendekatan metode belajar :

  • Individualized Education Program (IEP) dimana siswa disiapkan secara perorangan untuk membantu pencapaian target kurikulum melalui perencanaan kegiatan belajar yang spesifik.
  • Differentiated Learning Process dimana siswa mengacu pada tema yang sama, namun disampaikan secara beragam sesuai dengan tingkat kemampuan setiap siswa baik dalam hal kandungan materi, proses maupun hasil akhir.
  • Active Learning, proses pembelajaran dilakukan melalui pengalaman langsung secara aktif di setiap aspek pengajaran mengingat naluri seorang anak untuk melakukan eksplorasi adalah hal yang sangat alamiah.
  • Bahasa pengantar adalah bahasa Indonesia dengan ketrampilan mendengar, berkomunikasi, membaca dan menulis.