All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Outing Tema kelas SD 5

Outing tematik pertama disemester I, SD 5 School of Universe yang berjumlah 25 siswa dengan 5 fasilitator telah selesai dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2019 tepatnya pada hari Rabu. Kunjungan kami yaitu ke Museum Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atmajaya, yang berlokasi di Jl. Pluit Selatan Raya No. 19, Rt 21 Rw 8, Penjaringan, Jakarta Utara 14440.  Disana kami melihat koleksi berbagai anatomi tubuh manusia dengan menggunakan peraga asli. Berkaitan dengan pembelajaran yang kami lakukan dikelas disana kami bisa melihat bagian tubuh manusia mulai dari kerangka, otot, peredaran darah, pernapasan, sistem indera, pencernaan, urinaria, reproduksi dan syaraf yang diawetkan dengan terpajang disana. Anak-anak disana sangat antusias dalam mengikuti dan mendengarkan penjelasan dari dokter pendamping mereka juga tak segan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan, serta mampu mengikuti aturan dan instruksi yang diberikan.

by : Ms. Ismi

SOUper Healthy Day E-Five

Ada kegiatan yang seru dari SD 5 bertajuk 'SOUper Healthy Day E-Five - healthy life for growing Up'. Dalam rangka pengumpulan dana untuk kegiatan Ekspedisi, siswa-siswi SD 5 bersama ayah bunda dan fasilitator menjalankan event ini. Event yang diadakan pada hari kamis, 12 September 2019 tidak hanya menggelar kampanye hidup sehat saja, tetapi banyak kegiatan-kegiatan lain yang sangat seru. Ada senam irama kolosal yang akan di instrukturi oleh salah seorang siswa, cek kesehatan gratis bahkan ada talkshow kesehatan bersama Dr. Linda Mahardhika dari Brawijaya Hospital. 

Kampanye hidup sehat dengan olah raga teratur, cukup tidur, pikiran yang happy dan yang pasti makan dan minum sehat. Mari dukung pengumpulan dana SD 5 dengan memesan makanan dan minuman sehat yang akan dijual pada saat acara. Bisa pre order juga lho, dengan memanfaatkan sosmed, ayah bunda bisa memesan makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat acara atau di bawa pulang. Nasi Bakar merah, Nasi pecel, bumbu urab, bakso kuah home made, dimsum, jamu kunyit asam, beras kencur, jus buah dan banyak snack sehat lainnya. silahkan whatsapp ke link berikut wa.me/6281388252400

Sampai jumpa di School of Universe, 12 September 2019 ya

 

https://m.facebook.com/sou.bisnis/photos/a.372912909477660/2034065580029043/?type=3

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10157582678911613&id=689646612

 

Cooking Class PGTK

Serunya cooking class Playgroup and Kindergarten school of universe

Rabu, 28 Agustus 2019. Ada kegiatan seru yang dilakukan PGTK School of universe. kegiatan tersebut adalah Cooking class. Siswa tampak antusias melakukan kegiatan ini. Selain bersama fasiltator, siswa juga dibimbing oleh guru tamu, apa itu guru tamu? guru tamu merupakan wali murid Playgroup dan kindergarten yang bersedia untuk datang dan mengajar siswa di kelas. Kali ini Guest Teacher nya adalah Bunda Farhan (PG), Bunda Sakha dan Bunda Kenzie (TKA) serta Bunda Dastan dan Bunda Everest (TKB). Terimakasih ya Bunda semuanya yang sudah meluangkan waktunya 

Bertempat di ruang kelas PG dan TK, cooking class pun dimulai. Makanan yang kami buat merupakan makanan sehari-hari yang mudah ditemui. Serunya lagi masing-masing level membuat makanan yang berbeda yaitu : gingerbread (Playgroup), Bola-bola coklat (TKA) dan menghias nasi kuning (TKB).

Di sekolah kami kegiatan cooking class bukan hanya sekedar "memasak" namun banyak pembelajaran asik yang dapat dipelajari oleh siswa seperti, siswa dikenalkan makanan-makanan yang sehat dan bergizi, bahan makanan, jenis makanan, serta proses dan tahapan membuat makanan dan tak lupa anak-anak belajar untuk bekerjasama.

Keseruan juga terlihat saat makanan sudah jadi dan siap untuk dimakan, kami sangat yakin jika kegiatan di kelas seru dan menyenangkan selalu dilakukan, maka sekolah menjadi pengalaman terbaik untuk anak-anak. Mau sekolah seru? Ayo gabung bersama School of universe.

- Ms. Nindie

  

  

Foto-foto lengkapnya bisa dilihat di fanpage sou : 

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/2011992935569641/

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/2010595682376033/

 

 

Magang Bioteknologi SM1

Salah satu permasalahan global yang tengah melanda masyarakat dunia adalah ledakan penduduk yang tidak terkendalikan. Permasalahan ini jelas menimbulkan dampak yang sangat mengerikan dan akan dirasakan oleh seluruh umat manusia. Sebut saja misalnya, kelangkaan bahan pangan, kelangkaan sumber daya mineral dan energi, kelangkaan sumber air bersih dan lain-lain. Mungkin dampaknya tidak terlalu dirasakan saat ini, namun yang pasti dampak-dampak negatif akibat ledakan penduduk akan dirasakan oleh anak dan cucu kita di masa mendatang. Tentunya dampak-dampak tersebut harus diantisipasi sedini mungkin.

Salah satu dampak dari ledakan penduduk yang tidak terkendali adalah kelangkaan sumber daya pangan. Hal ini disebabkan oleh semakin sempitnya lahan-lahan kosong yang dapat digunakan untuk keperluan pertanian. Luas daratan di bumi semakin berkurang oleh karena banyaknya es yang mencair di kutub. Ditambah dengan tingginya angka kelahiran. Bila luas daratan dibandingkan dengan banyaknya penduduk di dunia, maka angkanya akan semakin menakutkan. Lahan-lahan kosong yang ada belum tentu dapat digunakan untuk pertanian.

Manusia saat ini sedang mengembangkan berbagai teknologi pertanian yang memungkinkan terjaminnya ketersediaan bahan pangan dengan berbagai macam kondisi lahan yang ada. Salah satu teknologi pertanian yang saat ini sedang berkembang pesat adalah teknologi pertanian organik. Teknologi pertanian organik tidak hanya dapat dikembangkan dengan mudah, lebih dari itu hasil pertanian organik jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan produk pertanian konvensional yang banyak menggunakan bahan kimia. Pertanian organik sedikitpun tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia karena pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dari bahan-bahan alami.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Indonesia dahulu dikenal dengan salah satu negara yang dapat menjamin ketersediaan pangannya sendiri. Dengan kata lain, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang bio ekoteknologi, khususnya di bidang pertanian. Namun saat ini, Indonesia justru termasuk salah satu negara pengimpor beras. Tentunya kenyataan ini sangat menyakitkan bagi kita semua. Padahal jika Indonesia tetap fokus pada pengembangan teknologi pertanian sesuai dengan kompetensinya, maka Indonesia akan menjadi negara agraris yang disegani oleh negara-negara lain. Harus diakui bahwa Indonesia telah terjebak pada teori pembangunan Rostow yang menyesatkan. Oleh karena itu wajar jika banyak negara berkembang yang meninggalkan kompetensinya dan beralih kepada pengembangan industri yang bukan keahliannya. Akibatnya banyak lahan pertanian beralih fungsi menjadi kawasan industri. Banyak tenaga pertanian yang bekerja sebagai buruh pabrik. Alam dan lingkungan menjadi rusak. Produk pertanian juga banyak yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

School of Universe adalah sekolah alam yang berkomitmen tinggi untuk merubah peradaban Indonesia dengan melahirkan khalifatullah fil ardh yang rahmatan lil'alamin. Lewat konsep pembelajaran 'Belajar Bersama Alam', School of Universe senantiasa berupaya mengembalikan dan mengoptimalkan alam sekitarnya sebagaimedia belajar. Alam dan pengalaman merupakan guru terbaik. Siswa mendapatkan pengalaman belajar yang tidak terlupakan lewat kegiatan-kegiatan pembelajaran di alam. Mengapa siswa harus belajar langsung dari alam? Alam merupakan karunia yang tidak terhingga yang mampu menumbuhkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. ALam juga mampu menempa karakter dan kepribadian kita agar semakin unggul. Alam juga menyadarkan kita untuk terus menjaga kelestariannya.

Salah satu program pendidikan yang diusung oleh School of Universe adalah pembelajaran bioteknologi dan peternakan di mana siswa mendapatkan kesempatan dan pengalaman berharga belajar banyak hal melalui pembelajaran langsung secara kontekstual di lahan pertanian dan peternakan. Tentunya program magang bioteknologi dan peternakan sangat bermanfaat bagi siswa School of Universe, khususnya siswa Sekolah Menengah (SM) - School of Universe. Lewat program ini, banyak harapan yang bisa diwujudkan di masa mendatang, termasuk Indonesia yang jauh lebih baik.

Tujuan dari pemagangan ini antara lain membangun kemandirian dan karakter kewirausahaan pada diri siswa, memperkenalkan teknologi pertanian dan peternakan secara langsung kepada siswa, serta memperkenalkan potensi-potensi bisnis pertanian dan peternakan kepada siswa. School of Universe menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga terkemuka dibidangnya, konsern terhadap pendidikan dan memberikan kebermanfaatan untuk kebaikan. Agri Insani dan Institut Pertanian Bogor adalah lembaga yang dapat menjadi tempat belajar siswa SM School of Universe selama kurang lebih 1 bulan program pemagangan mulai dari persiapan, proses pemagangan, hingga penstrukturan hasil pengalaman magang. Pemagangan akan dimulai pada tanggal 20 Agustus 2019 yang akan datang.

 

-Ahmad Subki

-Ruri Clara Aprilia

 

Pelaksanaan Idul Adha di SOU

Setiap tahun, kita memperingati kisah Nabi Ibrahim Alaihissalam Khalilullah, yang sangat penuh dengan perjuangan. Semakin didalami kisahnya, semakin yakin bahwa Allah Swt yang Maha mengatur segala sesuatu. Sebagai makhluk-Nya, hendaklah kita meneladani para Rasul dengan segala kebaikannya terutama Rasulullah SAW. Kisah Nabi Ibrahim AS, selalu membahana ketika Hari Raya Idul Adha datang. Bukan hanya kisah, tapi segala sesuatu tentang pengorbanan pun selalu memiliki intrik yang menarik untuk dijadikan bahasan. Semakin banyak yang berqurban semakin banyak keikhlasan yang hadir dalam diri kita. Karena ibadah Qurban, mendekatkan kita kepada Sang Pencipta.

لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقْوَىٰ مِنكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُحْسِنِينَ ﴿٣٧

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi KETAKWAAN dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S.22:37)

Idul Adha 1440 H... Menjadi momentum untuk kita berbagi. Harta yang kita kumpulkan, ada bagian orang yang membutuhkan, ada hak orang lain di dalamnya. Daging satu ekor sapi dan 13 ekor kambing/domba sudah didistribusi kepada masyarakat sekitar yang berhak menerima. Semoga dengan Qurban ini, kita menjadi lebih takwa kepada Allah swt. Terimakasih kepada Ayah dan Bunda yang sudah berqurban di SoU, semoga Idul Adha tahun depan kita masih diberikan kesempatan untuk berqurban, aamiin

  

  

  

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1984035325032069/

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1984015705034031/