All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Basic Adventure SM

Setiap perjalanan memiliki kisah tersendiri. Melintasi hutan rimba belantara memiliki keunikan. Jauh dari hiruk pikuk sinyal peradaban, namun memiliki ketenangan dan kesunyian, ditemani suara kicau burung yang melintas mencari makan, serta rombongan puluhan Primata yang loncat dari dahan ke dahan pohon, menjadi atraksi tersendiri...lucu, seru, tapi takut... Takut kalau mereka turun dan merebut makanan yang ada di tenda.

 https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2125759977526269&id=337612106341074

Belajar jadi petani dan peternak bersama SD 2

Hari Rabu, 31 Juli 2019 siswa-siswi SD 2 mengikuti kegiatan yang seru di Agro Wisata Edukasi yang berlokasi di Bogor. Berangkat pagi sekali pada pukul 06.30 setelah sebelumnya para siswa dan fasilitator berkumpul di halaman depan SOU untuk melakukan pengarahan dan do'a bersama agar perjalanan dari pergi hingga kembali serta selama berkegiatan berjalan dengan lancar.

Dalam rangka mengurangi kendaraan pribadi dan mengurangi polusi udara, siswa-siswi SD2 berjumlah 31 orang, ditambah 8 orang fasilitator berangkat menggunakan kendaraan umum. Tidak lama, pada pukul 08.30 siswa-siswi SD 2 sudah tiba di lokasi.

Sambutan hangat dan ramah diberikan oleh pihak Inti Agro. Dilanjutkan dengan penjelasan aktifitas yang akan dilakukan pada hari itu. Siswa mendengarkan dengan antusias dan bersemangat untuk segera mengikuti kegiatannya.

Kegiatan pertama adalah melihat pembibitan buah naga serta terlibat langsung dalam proses pembibitannya. Setelah selesai, kegiatan selanjutnya adalah merawat dan memberi makan hewan ternak kambing dan domba. Siswa mendapatkan pengetahuan mengenai jenis-jenis kambing dan domba dan bagaimana melakukan perawatan dan memberi makan dengan benar.

Saatnya menuju sawah. siswa-siswi dapat merasakan bagaimana jerih payah para petani menanam padi karena siswa juga diajak menanam padi. Kegiatan terakhir yang sangat menyenangkan dan seru, seluruh siswa menangkap ikan sebanyak-banyaknya.

Kegiatan diakhiri dengan bersih-bersih, shalat zuhur berjamaah sebelum kembali menuju SOU. Perjalanan pulang berjalan dengan lancar dan tiba pada pukul 14.00. Dari kegiatan yang menyenangkan ini siswa banyak sekali mendapatkan pengalaman dan pembelajaran berharga seperti mengetahui aktivitas berkebun dan beternak, mengetahui teknik menanam sayuran organik, merawat hewan ternak dengan benar serta membajak sawah dan menanam padi.

By : Ms. Ana

  

  

  

 

 

 

Kunjungan SD4 ke Galeri Indonesia Kaya

Kali ini Siswa-siswi SD4 berkesempatan untuk outing ke Galeri Indonesia Kaya. kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 07 Agustus 2019. Siswa-siswi menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi karena bertepatan dengan tema kelas. Selain lebih hemat, menggunakan transportasi umum dapat membantu kita mengurangi polusi udara lho, karena mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang biasanya hanya dapat mengangkut sedikit orang. Siswa dikenalkan alat transportasi yang banyak dimanfaatkan sebagai sarana bepergian, seperti angkot, bus dan lain-lain. Siswa juga dikenalkan alat transportasi yang baru hadir di Jakarta yakni Mass Rapid Transit (MRT).

Siswa dilibatkan aktif saat proses perjalanan menggunakan kendaraan umum, mulai dari mengetahui tarif sesuai dengan tempat pemberhentian yang akan di tuju, dan mengoperasikan langsung kartu tap pintu masuk. Perjalanan menggunakan angkot dari sekolah, dilanjutkan naik MRT dari stasiun Lebak Bulus sampai stasiun Bundaran HI Jakarta.

Siswa berjalan kaki dari bundaran HI sampai ke lokasi yang jarak nya tidak terlalu jauh dari stsiun bundaran HI. Tiba di lokasi, siswa dengan semangat mengeksplorasi segala bentuk informasi yang tersedia di sana. Selanjutnya siswa juga diberi kesempatan untuk menyimak presentasi dari pihak galeri indonesia kaya dimana siswa mendapatkan informasi tentang keragaman budaya indonesia, pembagian wilayah indonesia beserta keragamannya masing-masing. Kegiatan dilanjutkan dengan aktifitas membuat kerajinan tangan (scrap paper) membuat bentuk ondel-ondel.

Selain mengenal bentuk-bentuk transportasi, dalam kegiatan ini siswa-siswi SD 4 secara tidak langsung juga dapat mulai belajar manajemen perjalanan. Kegiatan manajemen perjalanan yang lebih kompleks akan mereka alami di SD 5 dengan melakukan perjalanan backpack ke lokasi yang cukup jauh, bahkan ketika di SM mereka juga harus mengatur perjalanan mereka ke luar negeri dalam kegiatan transcountry. Semoga siswa-siswi dapat menjadi pribadi-pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

By : Ms Novi

Bandung Trip SD4

Berikut adalah kegiatan Bandung Trip yang dilaksanakan pada hari Rabu-kamis, tanggal 11-12 September 2019. Kegiatan ini di awali dengan kunjungan ke Museum Geologi, di tempat ini siswa diarahkan untuk melihat dan mempelajari peradaban manusia, proses terjadinya bumi yang diperlihatkan melalui gambar dan maket. Selanjutnya kegiatan di lanjutkan ke museum Gedung Sate, di sana para siswa mempelajari sejarah dan biografi tentang Gedung Sate dan fungsi nya sejak didirikan sampai hari ini.

Selesai dari dua lokasi tersebut, kegiatan dilanjutkan ke Saung Angklung Udjo. Di sana, siswa selain bersantai dan beristirahat karena disuguhkan banyak performance, siswa juga belajar aneka keragaman budaya, suku dan ras. Selain menonton pentas, siswa juga berkesempatan untuk mencoba memainkan alat musik tradisional dari Jawa Barat yaitu Angklung yang menjadi andalan di lokasi ini.

Setelah beristirahat sambil menyaksikan pentas, siswa melanjutkan kegiatan ke tempat beristirahat dan bermalam, yakni di Hotel Caryota.

Siswa diarahkan untuk melaksanakan hak dan kewajibannya yakni bersih diri, sholat dan makan. Di hotel, kegiatan siswa tetap dilanjutkan dengan performance kebudayaan Jawa Barat. Siswa menampilkan kebudayaan ciri khas Jawa Barat, mulai dari tarian, pakaian adat, makanan khas dan lain-lain.

Hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke PuspaIptek Sundial. Siswa mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, di sana siswa banyak mengeksplore karena banyak alat peraga tentang ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Selanjutnya kegiatan dilangsungkan di Bosscha. Diawali dengan mengenal dan mempelajari sejarah lokasi, bangunan dan alat-alat yang ada di sana berserta fungsinya. Setelah itu siswa diberikan kesempatan untuk merasakan dan mencoba langsung mengoperasikan teropong yang langsung mengarah ke Bulan, Bintang, planet Jupiter dan planet Saturnus.

By : Ms Novi

Keseruan SoUper Healthy Day E-Five

Kamis, 12 September 2019 SD 5 mengadakan kegiatan SoUper Healthy Day. Kegiatan ini merupakan logic project tema pembelajaran kami. Tujuannya mengenalkan pola gaya hidup sehat yang menyenangkan bagi anak.  Dalam satu hari ini seluruh siswa SoU mulai dari level Kelompok Bermain sampai Sekolah Menengah melakukan gaya hidup sehat bersama. 

Kegiatan ini di awali dengan Fun Zumba Kids yang dipimpin langsung oleh siswa SD 5. Setelah lelah berolahraga, dilanjutkan dengan makan buah bersama yang disediakan panitia. Sambil menikmati buah dan beristirahat, seluruh peserta mengikuti talk show tentang kesehatan bersama dr. Linda Mahardhika dari RS. Brawijaya yang membahas topik tentang “Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak”.

Seusai mendengarkan talk show, dilanjutkan dengan lauching produk bisnis SD 5: “Nata De Aloe”.  Selain minuman sehat tersebut, seluruh siswa dan karyawan SoU juga bisa menikmati aneka makanan dan jajanan sehat lainnya yang tersedia di Healthy Food Market. Dan yang tak kalah menariknya juga, para pengunjung dapat melakukan konsultasi dan cek kesehatan gratis yang difasilitasi oleh RS. Brawijaya – Sawangan, Depok.     

by : ms Ismi