All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Tema Occupation SD 4

'Pekerjaan/occupation' menjadi salah satu tema pembelajaran khususnya di SD 4 School of Universe. Siswa-i diajak mengenal apa saja profesi pekerjaan yang digeluti orang-orang di sekitar mereka. Tentunya dimulai dari yang terdekat yakni lingkungan keluarga. Bagaimana Ayah atau bunda mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka melalui bekerja, apa saja pekerjaan ayah dan bunda, apa saja aktifitas yang dilakukan dipekerjaan ayah dan bunda? 

Setelah memastikan anak kenal pekerjaan ayah bundanya, saatnya berkeliling mencari tau berbagai pekerjaan yang ada di sekolahnya, Schoolofuniverse. Yang terlibat dalam suksesnya sebuah pendidikan, insyaAllah. Apa saja? Ada yang wawancara dengan Security, GA, HRD, RnD (ah yg ini fotonya belum ketemu, nanti deh dibongkar2 dulu filenya). Ada juga yang wawancara ke bagian TU, kantin, EM, fasilitator dan Guru pendamping. Bahkan ada yang menambahkan daftar pekerjaan yang mereka temui di lapangan ke dalam worksheet. Gak pa-pa, jadi makin variatif dan anak sudah mampu melihat dg jeli siapa saja yang berhubungan dengan sekolah. Semoga menginspirasi dan kelak bisa jadi referensi pekerjaan.

Untuk lebih memahami jenis-jenis pekerjaan, SD 4 mengundang Om Putut Purhandono, beliau adalah seorang pelaut yang setiap saat siap mengarungi luasnya lautan. Siswa pun seru mendengar suka dukanya menjadi seorang pelaut. Hikmah yang dapat diambil dari tema ini adalah selain mengenal jenis-jenis pekerjaan, mereka juga diharapkan tumbuh empatinya terhadap kesukaran orang lain yang kehidupannya belum tercukupi, menghargai jerih payah ayah bundanya, dan yang paling penting mereka sudah memiliki cita-cita sendiri untuk masa depan mereka. 

    

   

Tapi apakah, jalan hidup selalu demikian? sekolah, lulus, lalu mencari pekerjaan? tentunya ada hal lain yang harus ditanamkan kepada siswa-i bahwa mencari nafkah bukan selalu harus bekerja untuk orang lain. Tetapi kita justru bisa membuat pekerjaan untuk orang lain. Selain membantu orang lain, dan kalau diniatkan untuk ibadah kita akan mendapatkan pahala dari Allah, kita juga mendapatkan penghasilan yang bisa jadi lebih besar lho dari pada bekerja untuk orang lain. Untuk itulah pentingnya mengenalkan bisnis sedini mungkin kepada siswa-i School of Universe, agar kelak mereka bisa membantu dan menebar manfaat bagi orang lain. Mulai dari hal yang sederhana seperti teman-teman di SD 4 ini, mereka membantu proses produksi bisnisnya bersama bundanya masing-masing, alhamdulillah terlaksana. Tak terasa sudah 6 bulan ya. Sebenernya setiap kali membantu, setiap itu pula anak sengaja "dicemplungkan" untuk menggali ide, mengenal berbagai alat dan bahan, mengetahui urutan pembuatannya, bagaimana mengemas dan berjuang menjualnya sampai habis.

disadur dari fb fasilitator SD 4 bu Kristiana Ningsih :

https://www.facebook.com/kristiana.sampang/posts/10205701807499746

https://www.facebook.com/kristiana.sampang/posts/10205701786379218

https://www.facebook.com/kristiana.sampang/posts/10205701630495321