All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
6e5de495cb62b3cdcae9358639a1b1f4.jpg

Bromelia

Salah satu jenis tanaman hias yang menjadi primadona untuk diaplikasikan pada taman rumah, kantor atau semua konsep taman, juga Karena daya tariknya yang memberikan keindahan pada setiap konsep taman. Ialah tanaman bromelia.

Dikalangan para pecinta tanaman hias, bromelia bukanlah tanaman hias yang baru. Keberadaannya telah ditemukan sejak beberapa dekade silam. Nama bromelia diambil dari nama seorang ahli botani asal Swedia. Olof Ole Bromell. Tanaman ini berasal dari Hawai dan Belanda.

Seorang anggota perkumpulan bromelia international, Lanny Lingga, menyatakan spesies bromelia yang berhasil diidentifikasi sekitar 3.200 jenis..Weeh...banyak juga ya, dan itu tersebar diseluruh dunia. Namun yang banyak ditemukan di negara Argentina, Paraguay, Ekuador, hingga Amerika Serikat. Angak tersebut belum ditambahkan dengan bromelia hasil silangan yang banyak belum diketahui secara pasti.

Secara fisik bromelia memang memiliki ciri khas tersendiri. Sosok tanamannya unik dan berwarna-warni. Keindahannya tidak mengenal musim atau dorman. Bunganya mampu bertahan 1-3 bulan. Tipe daunnya bervariasi, ada yang berbentuk langsing memanjang dengan ujung melengkung, berdaun pendek, dan ada pula daunnya yang berduri, terutama jenis Neoregelia.

Ada juga jenis bromelia lainnya yang memiliki tipe minimalis, dan ini sangat cocok untuk konsep taman yang meninginkan konsep taman minimalis jadi pilihan yang sangat tepat memilih tanaman hias bromelia untuk taman anda.

Untuk diameter luas daunnya anda bisa sesuaikan dengan lahan area taman minimalis anda. Karena bromelia ini memiliki daun yang seperti tanaman lidah buaya, tetapi ukurannya lebih kecil, sosok bromelia ini ditemukan pada jenis Bromelia Cryptanthus.

Sayangnya, tanaman ini belum banyak dipelihara di Indonesia, namun anda tidak perlu khawatir karena masih banyak varietas yang ada di Indoensia hasil dari persilangan para petani tanaman hias yang dapat di aplikasikan untuk taman minimalis anda.

kurangnya pemahaman dalam merawat tanaman menjadi faktor utama permasalahan yang ada. Padahal menurut beberapa pecinta bromelia, merawat bromelia ini terbilang mudah. Kuncinya adalah pencahayaan dan penyiraman yang dilakukan secara tepat dengan begitu tanaman hias bromelia ini akan tampil sempurna.

 

sumber : Flamboyan AsriWikipedia

keladi

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Penciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

 

Jenis

Terdapat tujuh jenis Caladium, semuanya dari hutan Brazil hingga Amerika Tengah. Pada musim kering biasanya dorman (kehilangan daun) dan tumbuh kembali bila ketersediaan air mencukupi.

  • Caladium bicolor
  • Caladium humboldtii
  • Caladium lindenii
  • Caladium paradoxum
  • Caladium schomburgkii
  • Caladium ternatum

 

Kegunaan dan bahaya

Semua bagian keladi beracun dan tidak boleh dikonsumsi.

Walaupun demikian, penggunaannya sebagai tanaman hias cukup luas. Tumbuhan ini sudah ditangkarkan dan dimuliakan sejak akhir abad ke-18 di Eropa. Terutama C. bicolor telah mengalami banyak perubahan sifat menjadi berdaun warna-warni. Terdapat pula kultivar yang katai. Paling tidak terdapat 120 kultivar C. bicolor. Terdapat pula persilangan antarspesies dengan C. burgkii untuk mendapatkan helai daun yang bergelombang.

Keladi dapat memunculkan anakan dan dari sini dapat dikembangkan tumbuhan baru. Ia juga dapat tumbuh dari kormus yang terdapat di tanah.

 

Sumber : Wikipedia

Puring Teri

 

Puring teri termasuk keluarga puring yang memiliki daun lembut, bernuansa warna khas tanaman puring, tanaman ini sangat menyukai panas sinar matahari. Tanaman yang bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 2 meteri ini tumbuh dengan daun kecil yang rimbut, serta bercabang cabang sangat  banyak atau lebat, inilah ciri khas dari tanaman puring.

Puring teri ini ditanam sebagai pembuat nuansa warna kuning, selain warnanya kuningnya yang kuat tanaman ini juga memiliki warna hijau, sipemilik daun dengan ukuran lebar 2 cm serta panjang daun mencapai 10 cm ini hidup ditopang oleh ranting dan cabang, serta pohon utama.

 

Cara berkembang biak puring teri

Cara berkembang biak tanaman puring teri ini dengan cara stek, pertama lakukan pemotongan ujung tanaman puring teri dengan ukuran panjang kisaran 15 cm, setelah itu tancapkan di media tanah merah super yang diisikan di polybag ukuran 10 cm, tunggu sampai 3 minggu sambil lakukan penyiraman pagi dan sore, saat tanaman sudah berumur 3 minggu akan ketahuan yang hidup dan yang mati, langkah selanjutnya pindahkan tanaman yang hidup pada polybag ukuran lebih besar dengan media tanam campuran tanah merah dan sekam padi, seta tambahkan sedikit pupuk agar puring teri bisa hidup dengan baik.

Jamea Kulkas

Nama latin tanaman yang dikenal dengan tanaman dollar adalah Zamioculcas zamifolia. Berasal dari benua Afrika, di negara Kenya, Tanzania, dan Zanzibar. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Di habitat aslinya, Zamioculcas hidup di padang rumput kering dengan tanah berbatu. Sifat aslinya ini membuat tanaman ini tidak merepotkan dalam perawatannya.

Zamiocurcas merupakan tanaman import yang diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 1996. Walaupun sebenarnya di Indonesia sendiri sudah ada jenis lokal yaitu Zamia zamiifolia. Bedanya jenis lokal pertumbuhannya lebih cepat dan sering ditanam di taman karena lebih bersahabat dengan sinar matahari dibanding dengan Zamiocurcas jenis import.

Klasifikasi Tanaman Daun Dollar

Kingdom :  Plantae (Tumbuhan)

Sub kingdom :  Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi :  Spermatophyta (Menghasilkan biji)

Divisi :  Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas :  Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub Kelas :  Dilleniidae

Ordo :  Urticales

Famili :  Moraceae (suku nangka-nangkaan)

Genus :  Ficus

Spesies :  Ficus pumila L.

 

Karakteristik Tanaman Daun Dollar

Yang menarik dari Zamioculcas zamifolia atau pohon dollar ini adalah daunnya yang mempunyai ciri khas yaitu daun tumbuh sejajar di sepanjang batangnya dengan jarak yang agak jauh dari satu daun ke daun lainnya. Ini salah satu alasan mengapa disebut dengan pohon dollar. Daun berbentuk simetris, tebal karena mengandung banyak air, daun berwarna hijau tua mengkilap. Jumlah daun yang tumbuh tidak banyak. Daya tarik lain adalah pangkal batang yang dapat membesar sehingga membentuk bonggol yang unik. Perlu diketahui bahwa, pohon Zamia mempunyai kelebihan untuk apdatasi terhadap temperatur udara sehingga mampu hidup di wilayah tropis hingga sub tropis.

Itulah sebab mengapa merawat tanaman ini tidaklah sulit, kita hanya perlu menjaga agar media tanam tidak terlalu lembab atau terendam air. selain itu perlu menjadi perhatian agar tanaman ini tidak terpapar sinar mata hari terus menerus tapi cukup sinar matahari pagi. Untuk menjaga keindahan daunnya, lakukan dengan cara menggosok permukaan daun secara perlahan menggunakan kertas tisu yang basah sehingga terlihat bersih dan mengkilap.

 

Manfaat Tanaman Daun Dollar

Sebagai salah satu tanaman indoor, pohon dollar ini dapat hidup di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Untuk menghiasi ruangan, Anda bisa menempatkan tanaman ini dalam ruangan selama 2-3 hari. Setelah berada di dalam ruangan selama periode tersebut, siram dengan sedikit air dan biarkan terkena matahari selama 3 jam. Selanjutnya tanaman bisa diletakkan di dalam ruangan kembali.

Batang daun dollar (Jawa) berkhasiat sebagai obat sakit mencret, ambeien, dan pegal-pegal. Untuk obat ambeien dipakai + 15 gram daun dan batang segar Ficus pumila atau batang daun dollar, dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit lau dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus sehari dua kali pagi dan sore hari.

Mengandung Flavonoid dan polyphenol yang mampu bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menetralisir radikal bebas dan dengan demikian meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh jika diminum. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil akibat telah kehilangan electron.

 

sumber : ganesha flora

Sansevieria cylindrica

Salah satu tanaman asli Indonesia jenis sansevieria yang unik dan langka, dengan ukuran yang mungil dan gemuk yang sering disebut juga dengan Sansevieria Boncel. Sangat menarik untuk dijadikan koleksi sebagai penghias di dalam atau diluar rumah Anda, apalagi jika dipadukan batu alam atau kerikil warna warni yang menjadikan sasnseviera boncel semakin unik. Begitu juga nama dagangnya “boncel”, bisa menggambarkan sebagai tanaman hias yang ringkas alias simpel (simple plants). Entah apa nama ilmiahnya, namun sansivera boncel ini cukup memikat untuk dimiliki sebagai salah satu tanaman kesayangan kita.

Tanaman hias sanseviera dikenal dengan ujung daunnya yang runcing dan juga tajam. Namun boncel ini berujung tumpul walau juga meruncing. Kalau nutrisi dan pencahayaan mencukupi, lucu juga lho daunnya gendut-gendut. Saya pernah melihat di sebuah foto, sanseviera boncel yang mungkin sudah sangat tua, bagus banget sampai bisa ngipas.

Harga pasaran boncel sekarang sudah sangat terjangkau. Konon katanya, waktu beberapa tahun silam harga tanaman hias begitu fantastis, boncel ini per-daun 1 jt rupiah .. Wow .. Entah benar tidaknya .. Jika Anda belum memiliki, sekarang harganya sudah sangat bersahabat dan merakyat. Sanseviera boncel pantas sekali menjadi salah satu koleksi tanaman yang lucu dan memikat. Minat?

 

Asal Bibit : pemisahan rumpun

Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi

Ukuran Pot Minimal : diameter 5-10cm

Media Tanam : tanah dan humus

Penyiraman : sehari 1x

Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun

 

Sumber : 

World of Succulents

Wikipedia

More Articles...