All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Menata ulang pendidikan bisnis di Indonesia

Menata ulang pendidikan bisnis di Indonesia? Memangnya pendidikan bisnis kita sudah berkembang? Bukannya pendidikan kita lebih fokus menyiapkan rakyatnya untuk siap menjadi tenaga kerja? Dengan lapangan kerja yg terbatas, rakyat Indonesia secara kreatif berhasil survive dengan menekuni sektor ekonomi non-formal seperti pedagang kaki lima, go-jek, pemulung, pengamen dan banyak lainnya. Dapat dipastikan sebagian besar inisiatif tersebut tidak ada hubungan dengan pendidikan yang mereka dapat di sekolah kecuali calistung?

Pada waktu terjadi gempa di Lombok, kami bertemu dengan sekelompok anak muda kreatif yang berupaya mandiri dengan membuat sebuah komunitas yang dirancang untuk mendampingi wisatawan asing maupun domestik yang tertarik mendaki gunung rinjani. Melalui komunitas ini mereka belajar bahasa Inggris dan bahasa lainnya, mereka juga berupaya mendapatkan sertifikat guide khusus wisata gunung secara professional. Melalui upaya ini mereka berhasil mengajak anak-anak muda yg menganggur bergabung mencari nafkah bersama.

Tibalah waktunya bencana gempa hadir di kampung mereka di kaki gunung rinjani, kami bertemu karena kehendak Allah Swt. Bersama-sama berdiskusi tentang masa depan warga pasca gempa. Dari diskusi ini, kami menawarkan untuk membangun Sekolah Alam Rinjani yang khusus dikembangkan untuk membangun industri wisata gunung Rinjani. Mereka tidak pernah membayangkan bahwa Sekolah Alam memang dirancang khusus seusai potensi lingkungannya. Kalau di gunung Sekolah Alam akan fokus untuk mengoptimalkan potensi gunung bagi kehidupan warganya sekaligus menjaga keseimbangan alamnya. Begitupun dengan sungai, hutan, laut, pertanian, bahkan kawasan industri sekalipun. Bahasa sederhananya adalah sekolah itu harus mendidik anak-anaknya agar mampu mengembangkan potensi lingkungannya seoptimal mungkin. Di laut, anak-anak akan belajar seluruh aspek kelautan mulai dari diving, membuat kapal, sonar, teknik aquaculture, ilmu tentang cuaca, iklim dan lain sebagainya.

Bisa dibayangkan apabila sejak kecil anak-anak belajar mengoptimalkan lingkungannya, mereka akan tumbuh berkembang secara seimbang bersama alam, mereka pasti bisa mewujudkan misi Rahmatan lil Alamin, sebuah misi yang agung dan diemban oleh manusia paling agung di muka bumi yaitu Rasulullah Saw.

Hari ini Sekolah Alam Rinjani sudah tegak berdiri menyongsong masa depan yang gemilang, dan ke depan kita akan terus membangun Sekolah Alam yang sesuai dengan potensi lingkungannya di seluruh Indonesia. Dengan konsep ini, masyarakat tidak perlu menjadi masyarakat urban. Karena dengan membangun kampungnya sesuai dengan potensi lingkungannya mereka bisa sejahtera dan memberi kebaikan kepada wisatawan dalam bentuk keramahan dan keindahan Alamnya.

Salam hangat, Lendo Novo Sobatalam