All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
6e5de495cb62b3cdcae9358639a1b1f4.jpg

AKARALAM - Akademi Kurikulum Pembelajaran Sekolah Alam

AKAR ALAM

(Akademi Kurikulum Pembelajaran Sekolah Alam)

Setelah 20 tahun menjadi salah satu mainstream pendidikan baru dengan paradigma sekolah hijau ramah lingkungan dan belajar menyenangkan yang mengedepankan pendidikan karakter, Sekolah Alam yang di gagas oleh Lendo Novo sejak tahun 1998 kini telah berkembang sangat pesat. sekolah alam pertama yang didirikan pada tahun 1998, di tahun 2018 kini jumlahnya sudah ribuan tersebar di seluruh Indonesia. Riset Lendo Novo juga terus berkembang yang awalnya hanya pada level pendidikan dasar dan menengah, kini sudah memiliki perguruan tinggi dengan nama Maestro School of Technopreneur. di umur yang ke-20 ini pula sekolah alam telah memiliki kurikulum nya sendiri, yang merupakan pendetailan kurikulum Akhlak, Kurikulum Logika, Kurikulum Kepemimpinan dan Kurikulum bisnis.

Dengan semangat berbagi, Lendo Novo dan tim kurikulum sekolah alam School of Universe mulai mensosialisasikannya dalam format pelatihan yang bertajuk AKAR ALAM. pelatihan 3 hari ini peserta diharapkan memiliki gambaran mengenai kurikulum sekolah alam, dimulai dari pemahaman konsep sekolah alam, sequensial, scoop dan sequence kurikulum berdasarkan jenjang usia dan stage, aktivitas harian, pekanan dan semesteran hingga simulasinya.

Pada tanggal 18, 19 dan 20 Desember 2017 yang lalu AKAR ALAM batch 1 sukses dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas 30 orang yang mewakili sekolah alam-sekolah alam yang tersebar di seluruh Indonesia. Menyusul pada tanggal 29, 30 dan 31 Januari 2018 AKAR ALAM batch 2 juga terlaksana dengan lancar dengan jumlah peserta 40 orang. Karena antusiasme yang sangat besar, kemungkinan dalam waktu dekat juga akan diselenggarakan AKAR ALAM Batch 3.

Selain memperoleh pemaparan kurikulum Sekolah alam langsung dari Lendo Novo, dalam pelatihan ini juga dihadirkan para pakar dan maestro di bidang kurikulum akhlak, logika, kepemimpinan dan bisnis. dihadirkan pula alumni school of universe dan mahasiswa maestro school of technopreneur.

Tindak lanjut dari pelatihan AKAR ALAM ini adalah pemahaman lebih mendalam saat penerapan di proses pembelajaran, yakni WORKSHOP AKAR ALAM. Tentunya dengan menggunakan berbagai metode-metode belajar khas sekolah alam seperti Belajar Bersama Alam, Bahasa Ibu, Kreativitas, magang, learn from maestro dan sebagainya.

Semoga dengan hadirnya kurikulum khas sekolah alam ini, seluruh praktisi pendidikan dan penyelenggara sekolah alam di seluruh indonesia dapat menerapkannya di sekolah masing-masing dan mewujudkan pendidikan yang ramah lingkungan dan ramah anak.