All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Workshop AkarAlam SM

Alhamdulillah, ditengah ramainya kasus corona yang tersebar di Indonesia semangat para penggiat pendidikan tidak surut dalam menimba ilmu. Workshop  AkarAlam untuk level Sekolah Menengah (SMP/SMA) tetap terselenggara dengan lancar dari tanggal 11 hingga 14 Maret 2020 yang lalu.

Workshop AkarAlam level SM sudah yang kedua kalinya diselenggarakan, setelah sebelumnya juga sudah dua kali dilakukan untuk level TK dan SD. Diselenggarakan oleh Jaringan Sekolah Alam Nusantara bekerja sama dengan LendoNovo Research Centre atas respon banyaknya sekolah-sekolah baru yang muncul mengadopsi konsep sekolah alam yang merupakan implementasi 'merdeka belajar' yang kini sedang ramai diperbincangkan.

Model pendidikan Sekolah Menengah memang tidak kalah kompleks dengan TK dan SD. Pada level ini fasilitator dan orang tua dihadapkan pada fase perkembangan anak menuju kedewasaan. Menghadapi anak yang sudah tidak ingin diatur merupakan salah satu tantangan orang tua di rumah maupun fasilitator di sekolah. Bagaimana kurikulum Sekolah Alam pada tingkatan Sekolah Menengah, dan bagaimana implementasinya di bahas dalam workshop ini. 

Workshop AkarAlam berlangsung selama 4 hari dengan bahasan openmind Kurikulum Sekolah Alam dari konseptor Sekolah Alam Bang Lendo Novo, pendetailan Kurikulum khas Sekolah Alam yang terdiri dari Akhlak, Logika, leadership dan bisnis dan aplikasinya di proses pembelajaran oleh tim kurikulum sekolah Alam. Tidak kalah pentingnya adalah materi kemanajemenan yang disampaikan oleh tokoh-tokoh yang sudah berpengalaman dalam bidang pendidikan yakni bagaimana mendirikan Sekolah Alam, memenej sebuah level SM Sekolah Alam, dan aplikasi pendidikan untuk semua, baik siswa berkebutuhan khusus maupun pemanfaatan digital/distance learning sebagai salahsatu metode transfer knowledge.

Salah satu momentum penting dari sebuah pembelajaran digital adalah bagaimana kondisi saat ini dimana sekolah-sekolah diliburkan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona sehingga harus belajar dari rumah. Fasilitator dan siswa dapat tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi digital.

Kali ini Workshop AkarAlam SM diikuti oleh berbagai lembaga dari berbagai penjuru tanah air, diantaranya Garut, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Batam, Cikarang, Purwokerto, Sukabumi, Jonggol, Jawa Tengah dan lain-lain. Semoga kegiatan-kegiatan serupa dapat lebih sering dilaksanakan agar pendidikan di Indonesia semakin baik lagi.