All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Edukasi Anak Energi Terbarukan

Edukasi Anak Energi Terbarukan

Oleh radbogmin2 -  29 Oktober 2018

 

Wilda/Radar Bogor SAINS SEJAK DINI: Perwakilan Kampus UI memberikan wawasan tentang energi terbarukan pada anak-anak didik School of Universe (SoU). PARUNG–RADAR BOGOR,School of Universe (SoU) menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknik Univer­­sitas Indonesia (UI) dalam pembuatan edukasi sains untuk anak.

Kerja sama ini terjalin berawal dari kegiatan Science Fair, yang dilaksanakan SoU, berisikan pameran karya sains dari siswa–siswinya. UI mena­­warkan sebuah kerja sama dalam sebuah kegiatan sosial yang disebut ”Science Education for Kids”.

Dikatakan Fasilitator SM 3, Aghry Wiranata, SoU melatih para siswa untuk dapat ’membaca’ semesta dengan cara pandang yang utuh atau menyeluruh. Diharapkan siswa-siswa tersebut kelak akan menjadi agen-agen perubahan di dalam masyarakat untuk tiga hal kunci yaitu energi terbarukan, nanoteknologi sebagai salah satu peningkat daya saing bangsa serta kemampuan mandiri berbasis kebijaksanaan lokal (indigi­neous). Sebelumnya, pen­dekat­an konsep dasar nanoteknologi yang menarik bagi siswa-siswa didik, melalui Nano Education For Kids.

”Tahapan dalam kegiatan Nano Education For Kids diawali pembuatan modul-modul pelatihan, merupakan workshop bersama antara tim pengusul UI dan para guru di sekolah alam SoU agar dihasilkan modul-modul yang mudah dipahami para siswa dengan tetap memiliki bobot saintifik terkait konsep nanoteknologi di dalam aplikasi sel surya,” paparnya.

Aghry melanjutkan, setelah modul tersebut tersedia, maka akan dilakukan sosialisasi kesadaran energi terbarukan bagi siswa dan guru, yaitu presentasi tim pengusul UI di depan para siswa dan guru sebagai suatu brainstorming agar diperoleh pemahaman yang seragam mengenai energi terbarukan, potensi sel surya di Indonesia sebagai negara tropis, berlimpah­­nya pewarna alami di lingkungan sekeliling sebagai zat penangkap energi foton cahaya matahari, serta potensi material nano dari mineral alami Indonesia.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah ter­laksa­nanya kegiatan implementasi peningkatan kesadaran akan pentingnya energi terbarukan bagi para siswa di lingkungan sekolah alam SoU.(wil/c)

sumber : Radar bogor http://www.radarbogor.id/2018/10/29/edukasi-anak-energi-terbarukan/