admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

OTFA 2017

Out Trekking Fun Adventure 2017

 

OTFA ku berani

OTFA ku mandiri

OTFA menempa jadi pejuang sejati

OTFA ku berani

OTFA ku mandiri

OTFA tuk raih ridho ilahi

 

Demikianlah sepenggal lirik yang tercantum dalam lagu mars OTFA. OTFA (Out Treking Fun Adventure) adalah sebuah kegiatan di alam bebas yang bertujuan memunculkan dan meningkatkan rasa keberanian, tanggung jawab, kepedulian, serta kemandirian dalam bentuk kegiatan berkemah. OTFA kali ini mengambil lokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Bogor, Jawa Barat. Sebuah lokasi yang kerap kali digunakan oleh sekolah-sekolah alam untuk melaksanakan kegiatan serupa. TNGHS dipilih berdasarkan ketersediaannya sebagai sebuah lokasi berkemah agar tujuan yang sudah disebutkan di awal bisa diraih dengan maksimal.

School of Universe (SoU), sebagai sebuah sekolah yang mengusung konsep sekolah alam mengambil tema “Syukur, Berani, Mandiri” dalam pelaksaan OTFA tahun ini. OTFA kali ini telah dilaksanakan mulai tanggal tujuh belas hingga Sembilan belas oktober 2017. Ada dua tingkatan dalam OTFA; OTFA satu dan OTFA dua. OTFA satu terdiri atas kelas SD 1 dan SD 2 sebagai pesertanya dimana mereka melakukan kegiatan OTFA selama dua hari satu malam. Sedangkan SD 3 dan SD 4 adalah sebagai peserta OTFA dua dimana kegiatan OTFA berlangsung lebih lama; tiga hari dua malam.

Kegiatan seperti kuis islamika, peraturan baris-berbaris (PBB), instalasi outbond, dan trekking merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada OTFA tahun ini. OTFA kali ini terasa begitu special karena semua peserta diberikan kesempatan untuk melihat sebuah kenampakan alam. Ya. Sebuah kenampakan alam berupa air terjun. Meski OTFA kali ini diguyur hujan, terlihat semua peserta mengikuti kegiatannya dengan semangat dan antusias. 

Di malam kedua pelaksanaan OTFA, terlihat secara bergantian setiap kelas mempertunjukan penampilan-penampilan yang sudah disiapkan sebelumnya. Hal ini sebagai ajang penunjukan dan peningkatan kreatifitas yang dimiliki oleh masing-masing kelas. Dan pada akhirnya kegiatan ditutup dengan adanya apel penutupan. Apel berlangsung dengan khidmat. Refleksi yang disampaikan oleh Pembina apel membuat semua peserta apel hanyut dalam refleksi yang disampaikan.

Semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi seluruh peserta OTFA dan mendatangkan ridho Allah SWT sebagaimana yang tercantum di dalam lagu mars OTFA. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini dan terima kasih pula kepada seluruh peserta mulai dari SD 1 sampai SD 4 School of Universe yang telah mengikuti kegiatan ini dengan baik. Semoga kita bisa bertemu di OTFA-OTFA berikutnya.

OTFA 2017………..

Syukur… Berani… Mandiri… Allahu Akbar…

 

Reported by : Sahlani Wardani, S.Pd.

 

otfa_sou_000
otfa_sou_001
otfa_sou_002
otfa_sou_003
otfa_sou_004
otfa_sou_005
otfa_sou_006
otfa_sou_007
otfa_sou_008
otfa_sou_009
otfa_sou_010
otfa_sou_011
otfa_sou_012
otfa_sou_013
otfa_sou_014
otfa_sou_015
01/16 
start stop bwd fwd