admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Market Day dan Bioskop Mini Amazing E-5

Market Day dan Bioskop Mini Amazing E-5

School Of Universe merupakan sekolah bakat yang memberikan kesempatan kepada siswa-siswinya dalam bidang entrepreneur. Salah satu agenda kelas lima yang sesuai dengan SKU yaitu Bakti SASS. Dalam agenda ini siswa belajar untuk berbagi dengan uang yang mereka hasilkan sendiri. Setelah melakukan diskusi yang cukup panjang antara fasilitator dan siswa, akhirnya kami bermufakat untuk membuat sebuah bioskop mini. 

Agenda ini sudah tercatat dalam kalender akademik SD 5 dan terjadwalkan sebelum semester 2 dimulai. Semua kegiatan yang berkaitan dengan bioskop mini, di kelola oleh siswa sesuai dengan minat dan bakatnya serta mengenalkan tentang keorganisasian dalam suatu acara. Siswa belajar untuk dapat menentukan pilihan dalam pembagian tugas tersebut. 

Persiapan

Setelah menentukan jadwal, H-seminggu siswa sudah melakukan berbagai persiapan sesuai dengan sie yang dipilihnya. Sie Acara dan dekorasi bertugas untuk mempersiapkan dan membuat hiasan untuk area market day dan bioskop mini. Sie logistik bertugas untuk menyusun alat apa saja yang dibutuhkan untuk acara ini, seperti meja, kursi, infokus dsb. ada siswa yang bertugas membuat undangan untuk disebarkan ke kelas-kelas. Ada yang bertugas untuk menggambar menu makanan yang tersedia di market day. Ada yang bertugas untuk memilih film yang nanti akan ditampilkan. 

Pelaksanaan

Pada hari H, siswa datang ke kelas dengan membawa produk yang akan dijualnya. Setelah dihitung dan di pos kan sesuai kelompok, siswa bergegas untuk menuju area tugasnya. Petugas market day menyambut para siswa untuk menawarkan produk yang dijualnya untuk camilan saat menyaksikan bioskop nanti. Ada yang melayani pembeli, bertugas sebagai kasir, ada juga yang membantu mengarahkan adik-adik kecilnya yang membutuhkan waktu lebih lama saat membeli. Sedangkan Petugas ticketing sudah siap berdiri dibawah tangga tempat bioskop mini itu dibuka. Ada yang bertugas sebagai penjual tiket, pemeriksa tiket dan pengatur tempat duduk di ruangan bioskop mini. Selain itu ada juga yang bertugas sebagai operator dan MC. Siswa melakukan tugasnya dengan penuh semangat dan antusias tanpa mengeluh serta saling bekerja sama.

Refleksi

Hasil penjualan tiket yang didapatkan, membuat siswa tersenyum senang karena sudah memiliki modal tambahan untuk berbagi nanti dalam kegiatan Bakti SASS. Siswa sudah terlatih untuk bertanggung jawab merapikan kembali perlengkapan yang digunakan.  Menghitung hasil market day dan penjualan tiket. Guru memberikan apresiasi kepada siswa atas hasil usaha yang dilakukan para siswa hari ini. 

Melihat wajah senang adik-adik kelasnya setelah menonton bioskop, kakak-kakak SD 5 pun ikut tersenyum senang. Karena selain agenda ini tujuannya mulia dalam membantu sesama, ternyata secara tidak langsung kakak-kakak SD 5 juga memfasilitasi adik-adiknya untuk dapat menonton bersama dengan teman-temannya yang jarang dapat dilakukan selain di moment ini.

By: Mrs Wiwit