All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Memaknai sebuah akreditasi sekolah

Pendidikan Indonesia semakin menunjukkan kemajuan dewasa ini. Alhamdulillah Sekolah alam turut berkiprah dalam proses kemajuan tersebut. Puncaknya ketika Menteri Pendidikan yang baru Pak Nadiem Makarim mencetuskan sebuah statemen dalam momen yang tepat pula - hari guru, mengenai pentingnya guru sebagai penggerak serta merdeka belajar. Hal ini sejalan dengan konsep Sekolah Alam yang sejak 20 tahun telah melakukan proses pendidikan yang kini diistilahkan "merdeka" tersebut. Fasilitator (sebutan guru di sekolah alam) telah lama 'merdeka' membuat perencanaan belajar yang kreatif, bagaimana proses pembelajaran yang menyenangkan, student center dan yang pasti memanfaatkan alam sebagai media belajar. Knowledge bukanlah tujuan semata sebuah proses pembelajaran, namun pembentukan akhlak yang baik, karakter pemimpin yang kuat, kemampuan bernalar yang benar dan kemandirian hiduplah yang diperlukan setiap anak untuk kemudian setelah terjun di masyarakat menjadi insan-insan yang bermanfaat bagi alam sekitarnya.

School of Universe, sebagai laboratorium sekolah alam dimana Bang Lendo mengimplementasikan konsepnya hingga kini juga tetap mengakomodir standar-standar pemerintah dalam bentuk 'lain' namun benar. Standar isi yang salah satu muatannya RPP juga di lakukan di sekolah alam dalam bentuk Daily Activity Plan, Standar sarana dan prasarana laboratorium yang disyaratkan juga sudah dipenuhi dalam bentuk laboratorium yang maha luas dan real yakni alam semesta yang diciptakan Allah dengan sempurna ini. Banyak contoh lain yang awalnya dianggap bertentangan namun ternyata sejalan bahkan bernilai lebih. Banyak pula tentunya hal-hal yang dapat di terapkan bagaimana dokumentasi dikelola dengan rapih. Sekolah alam kini malah sudah memanfaatkan digital sebagai salah satu alat bantu menyampaikan knowledge dan juga bisa diaplikasikan dalam pendokumentasian proses-proses pembelajaran dalam bentuk digital dan disimpan rapih dalam cloud - rak dan lemari buku tak terhingga batasnya.

Pembelajaran yang dapat dipetik dalam sebuah proses akreditasi adalah bagaimana setiap komponen pendidikan baik pemerintah, swasta maupun individu sekalipun dapat melakukan kolaborasi dan hasilnya adalah lompatan yang jauh ke depan. Akreditasi tidak hanya soal mengejar hasil nilai A dan berbangga dengannya, namun bagaimana kita semua dapat memberi manfaat bagi negara yang kita cintai ini dalam bentuk masukan-masukan dari hasil eksperimen pendidikan yang bisa dibilang tidak sebentar. 20 tahun perjalanan sekolah alam semoga menjadi bagian dari lompatan pendidikan di Indonesia agar bisa mengejar bahkan meninggalkan negara-negara lain berlabel pendidikan terbaik seperti Finland, Singapore dan lainnya. Nilai A juga menjadi cermin bagi kita semua untuk merefleksikan diri untuk selalu dan terus belajar tanpa henti agar memantaskannya. 

ﻭَﻟِﻜُﻞٍّ ﻭِﺟْﻬَﺔٌ ﻫُﻮَ ﻣُﻮَﻟِّﻴﻬَﺎ ﻓَﺎﺳْﺘَﺒِﻘُﻮﺍْ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ ﺃَﻳْﻦَ ﻣَﺎ ﺗَﻜُﻮﻧُﻮﺍْ ﻳَﺄْﺕِ ﺑِﻜُﻢُ ﺍﻟﻠّﻪُ ﺟَﻤِﻴﻌﺎً ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠّﻪَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ

Artinya : Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.( Q.S Al- Baqarah : 148 )