All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

High Adventure SM 2 Gunung Ungaran

Kakak-kakak SM 2 kali ini menjelajahi daerah Jawa Tengah, Kabupaten Semarang tepatnya di Ungaran. Kegiatan High Adventure adalah salah satu program leadership di level SM 2. Sebelumnya saat di SM 1 mereka sudah melalui tantangan Basic Adventure. Kali ini selain harus menakhlukkan tanjakan Gunung Ungaran, mereka juga melalui perjalanan yang cukup jauh dari Parung, Bogor. 11 November 2019, siswa SM 2 mengawali perjalanan dengan berkumpul di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta. Mereka menggunakan transportasi Kereta Api hingga Stasiun Tawang, Semarang.

Sedikit gambaran mengenai Gunung Ungaran, memiliki ketinggian 2.050 meter. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, tetapi terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal. Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yaitu Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertingginya adalah Ungaran. Dari puncak gunung ini, jika memandang ke utara akan terlihat Kota Semarang dan Laut Jawa sedangkan jika membalikkan badan, akan terlihat jajaran (dari kiri ke kanan) Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Kendalisodo dengan Rawa Peningnya, beserta Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prahu.

Tidak ada catatan yang jelas mengenai aktivitas gunung ini. Namun, diperkirakan gunung ini pernah meletus pada zaman kerajaan dahulu, dengan letusan yang amat dahsyat sehingga menghancurkan dua pertiga bagian puncak dari semula sehingga yang dapat dilihat sekarang adalah hanya sepertiga bagian dari Gunung Ungaran berapi purba. Diperkirakan, gunung ini sedang mengalami masa tidur panjang dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali.

Gunung Ungaran mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Di lerengnya terdapat situs arkeologi berupa Candi Gedongsongo (Bahasa Jawa: gedong = gedung, songo = sembilan). Terdapat pula beberapa air terjun (curug), di antaranya Curug Semirang dan Curug Lawe. Juga terdapat gua, yang terkenal dengan nama Gua Jepang. Gua ini terletak 200 meter sebelum puncak, tepatnya di sekitar daerah Kebun Teh Promasan.

Di sisi timur gunung ini terletak kota Ungaran, pusat pemerintahan Kabupaten Semarang. Kota Ambarawa terletak di sisi selatan. Daerah wisata Bandungan berada di lereng gunung ini pula, dan berlokasi berdekatan dengan peninggalan purbakala Candi Gedong Songo.

Perjalanan dilanjutkan menuju Promasan dan beristirahat sebelum besok paginya mulai melakukan pendakian ke Ungaran. Hari Selanjutnya melakukan trekking ke basecamp Mawar yang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan semua semangat dalam mengikuti aktivitas yang dilalui hingga 14 November 2019. Dalam kegiatan ini siswa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga. Silahkan tonton video liputan perjalanannya ya dan jangan lupa untuk subscribe channel youtube kami.

sumber : wikipedia dan liputan Mr. Subki