All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Edukasi Mitigasi bencana siswa SOU

Musibah yang terjadi akhir-akhir ini baik bencana alam, maupun bencana yang diakibatkan oleh kecerobohan manusia seperti kebakaran dan lain-lain mengajak kita untuk senantiasa bersiaga. Setelah bencana tsunami dan likuifaksi di Palu, banyak bermunculan pesan di sosmed agar kita mempersiapkan diri dan keluarga apabila itu terjadi di wilayah tempat tinggal kita. Mempersiapkan tas berisi survival kit, membuat kesepakatan dengan anggota keluarga apabila terjadi bencana apa yang harus dilakukan dan kemana akan berkumpul, bahkan merenovasi ulang tempat tinggal dan furnitur yang tahan bencana.

Persiapan seperti itu tentunya sangat baik, namun akan lebih baik bila kita secara rutin dan terencana membuat sebuah pelatihan dan simulasi mitigasi bencana. School of Universe sejak pertama kali berdiri pada tahun 2004 sudah menjadikan program pelatihan mitigasi bencana ini kedalam kegiatan rutin dan wajib bagi seluruh civitas baik guru dan staf serta siswa-siswi nya. 

Penentuan titik kumpul, jalur evakuasi, ketersediaan APAR (pemadam kebakaran) menjadi sebuah syarat yang harus dipenuhi untuk menjamin keamanan proses belajar mengajar. Selanjutnya adalah mensimulasikan bencana dan memberikan edukasi bagaimana menggunakan alat-alat keselamatan seperti APAR.

Beberapa waktu yang lalu School of Universe kembali mengadakan simulasi dan mitigasi bencana berupa bencana gempa dan kebakaran. Seluruh staf dan guru serta Siswa dengan antusias mengukuti kegiatan ini. Mudah-mudahan tidak seperti yang diramalkan akan adanya bencana gempa di wilayah Jawa Barat bahkan Jakarta, namun apabila itupun terjadi adalah kita harus siap baik fisik dan mental dan tentunya spiritual dengan banyak berdoa.