All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
6e5de495cb62b3cdcae9358639a1b1f4.jpg

Kurikulum Sekolah Alam - School of Universe

Pada semua tingkatan pendidikan, yaitu Kelompok Bermain (KG/PG), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah (SM) kurikulum dibagi menjadi 4 pokok pengembangan :

  • Pengembangan akhlak, dengan metode 'teladan'
  • Pengembangan logika, dengan metode action learning 'belajar bersama alam'
  • Pengembangan sifat kepemimpinan, dengan metode 'outbound training'
  • Pengembangan mental bisnis, dengan metode magang dan 'belajar dari ahlinya' (learn from maestro)
  • Dalam tingkat SM, kurikulum dikembangkan dari integrasi antara basic curriculum dengan Lifeskill Curriculum dengan porsi 50:50

 

Basic Curriculum adalah pembekalan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dengan cakupan materi-materi pokok ujian masuk PTN/PTS maupun SAT dengan menggunakan standar Diknas. Lifeskill Curriculum adalah pembekalan untuk terjun langsung ke dunia usaha atau professional, yang cakupannya adalah pelatihan dasar profesional dari tingkatan operator teknis, manajer hingga pengusaha. Metode pencapaiannya melalui proses pemagangan, belajar bisnis bersama, learning from maestro, outing bisnis, dan metode lainnya. Bidang bisnis wajib yang dilalui oleh setiap siswa adalah Bisnis dengan wawasan lingkungan 'Biotechnology', tool Bisnis masa depan 'Information and Technology Information' dan perniagaan 'Retail and Distribution'.

Untuk mendukung model integrasi kurikulum, School of Universe menerapkan metode pembelajaran dual-system. Esensi model pembelajaran ini adalah suatu model yang dikembangkan dari prinsip belajar orang dewasa, yaitu belajar dari pengalaman yang terstruktur. Dalam pengembangan basic curriculum, strukturnya merupakan turunan dari ujian masuk PTN/PTS baik dalam maupun luar negeri. Aplikasinya metode bimbel (bimbingan belajar) terbaik diberikan pada siswa. Sedangkan pengembangan Lifeskill Curriculum, mengacu pada pengalaman bisnis yang telah terbukti sukses dikembangkan di pasar bebas. Aplikasinya metode magang dan belajar langsung dari orang-orang sukses (maestro).

 

AKHLAK

Pembelajaran Akhlak yang dijalankan oleh siswa kami merupakan pembelajaran etika yang mengulas tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban sesama manusia sebagai mahluk sosial. Akhlak juga menyangkut kewajiban manusia terhadap Tuhan nya. Karena itulah ruang lingkup akhlak sangat luas dan mencakup seluruh aspek kehidupan anak didik, nilai akhlak baik secara vertikal yaitu dengan Tuhan, dan juga secara horizontal yaitu dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Semua anak dibekali dengan fitrah, yang merupakan potensi. Potensi yang ada pada diri mereka itu kami nilai sangat penting untuk diarahkan dan dibiasakan agar anak didik selalu berbuat baik. Tujuan hadirnya Kurikulum Akhlak adalah untuk pembelajaran yang lebih mendekatkan siswa antara apa yang ia ketahui sebagai kebenaran dan perilaku baik kepada bentuk tindakan yang mencerminkan nilai pemahaman tersebut dengan nyata dan kongkrit.

Dengan Kurikulum Akhlak yang terdapat pada buku Akhlak Curriculum and Teacher Guidebook, guru dan siswa diharapakan dapat mempraktekan pembelajaran nilai akhlak dalam keseharian aktivitas belajar dan mengajar, juga di dalam kehidupannya dengan lebih bermakna. Melalui kurikulum ini, siswa diberi kesempatan untuk berfikir kritis seraya menggali pesan moral yang tersirat dalam setiap kegiatan yang mereka jalani di sekolah. Harapannya, pesan positif dan nilai-nilai kebaikan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai panutan yang diutus oleh Allah SWT untuk manusia, dapat pula diteladani oleh guru dan kemudian diikuti dan diteladani dengan baik oleh siswa sebagai generasi penerus dan calon pemimpin dunia di masa yang akan datang.

 

KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan atau leadership kami definisikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengajak dan mempengaruhi orang-orang lain untuk bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan dasar tujuan yang berpijak pada standar syariat dan berdimensi mashlahat.

Terdapat empat hal yang menjadi target pencapaian yang harus diperhatikan dalam kurikulum leadership yaitu :

  • Dimensi Diri (Kemandirian), TKA-B
  • Dimensi Keluarga (Kalangan Terdekat), SD1-2
  • Dimensi Komunitas kecil (Kelas), SD3-4
  • Dimensi Komunitas Besar (Sekolah), SD5-6
  • Dimensi Masyarakat (Lingkungan Sekitar), SM1-2
  • Dimensi Global (Nasional/Internasional), SM3-4

Kurikulum leadership ini bertujuan untuk menyusun pembelajaran sikap agar setiap siswa dapat memiliki karakter kuat dalam proses persiapan guna menjadi pemimpin yang berkualitas kelak. Pada Kurikulm Leadership, kami menyusun tahapan-tahapan kompetensi untuk mencapai target tujuan.

Dengan kurikulum leadership ini siswa diharapkan dapat mempraktekan pembelajaran nilai kepemimpinan dalam kehidupannya dengan lebih siap dan matang. Melalui kurikulum ini, siswa diberi kesempatan untuk menggali pesan moral yang tersirat dalam masing-masing tahapan yang terdapat di kurikulum ini. Harapannya, pesan-pesan yang telah dicontohkan melalui Al Quran dan Hadits oleh Rasulullah Saw sebagai Qudwah yang diutus oleh Allah SWT untuk manusia, dapat diikuti dan diteladani dengan baik oleh siswa sebagai generasi penerus dan calon pemimpin dunia di masa yang akan datang. “Setiap kamu adalah pemimpin, dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas kepemimpinannya.” (HR Al Bukhari dan Muslim)

 

Pelatihan Kepemimpinan

Outbound School of Universe

 

LOGIKA

Di antara empat pilar pendidikan di School of Universe, yang dibangun dengan Kurikulum khas rancangan tim praktisi pendidikan dan atas bimbingan langsung Konseptor Sekolah Alam, Lendo Novo, untuk jenjang Playgroup, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah terdapat Kurikulum Logika yang menjadi salah satu bagian penting dalam proses pendidikan di sekolah kami.

Kurikulum Logika dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa akan kegiatan pembelajaran yang memperhatikan pertumbuhan logika dan analisis peserta didik. Dengan keyakinan bahwa lahirnya generasi kreatif dan innovatif tidak luput dari kemampuan peserta didik untuk dapat berfikir kritis, Kurikulum Logika di School of Universe memilki standar ketercapaian dan sejumlah rancangan kegiatan yang terbukti dapat mengasah kemampuan bergikir logis dan analitikal anak sehingga mereka tidak hanya dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh fasilitator (terminologi yang digunakan untuk guru) kelas, tapi juga dapat mengenali kaitan ilmu yang sedang dipelajarainya dengan aplikasinya di kehidupan nyata. Dengan begitu, peserta didik di School of Universe akan tumbuh menjadi generasi yg pintar dan mampu berfikir logis dan analitikal sehingga mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka hadapi.

Kurikulum Logika pada School of Universe juga memiliki metode khusus dalam implementasinya karena pendidikan yang baik juga lahir dari strategi pengajaran yang tepat dan sesuai dengan pertumbuhan peserta didik pada masing-masing jenjang. Oleh karena itu, praktisi pendidikan yang turut bertanggungjawab atas kualitas pembelajaran akan mendapatkan bermacam bimbingan seiring waktu, mulai dari pelatihan manajemen kelas, workshop bedah kurikulum dan juga strategi penanganan siswa. Semua ini untuk memastikan peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas dan sesuai sunatullah di sekolah dan juga di rumah.

 

BISNIS

Kurikulum Bisnis di School of Universe bertujuan untuk membangun kemampuan wirausaha peserta didik. Dengan tingginya angka pengangguran dan kemiskinan di negeri yang kita cintai ini, banyak sekali kesulitan yang dialami oleh masyarakat disebabkan oleh faktor ekonomi. Sebagai pencetak generasi bangsa yang berkualitas dan kompeten dalam menangani permasalahan negeri, School of Universe menempatkan pembelajaran bisnis sebagai unsur penting dalam kegiatan belajar di sekolah khususnya pada tingkat Sekolah Menengah. Dengan membangun kemampuan peserta didik untuk dapat membangun usaha sejak dini dan memberikan tauladan serta kesempatan berguru dengan baik kepada para pengusaha sukses, peserta didik dapat mampu memahami proses pembangunan sebuah usaha langsung dari para pengusaha, di lokasi perusahaan mereka. Pendidikan yang komprehensif dan tepat sasaran di School of Universe diharapkan dapat mencetak generasi bangsa yang mampu tumbuh besar dengan membawa sejuta solusi untuk saudara sebangsa dan setanah air.

Pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas School of Universe memiliki School of Business yang bertujuan menciptakan pengusaha muda yang berakhlak mulia dengan logika berfikir yang baik dan kepemimpinan yang hebat.

Pada tingkat School of Business kami mengusung program magang yang merupakan bagian dari sistem pengajaran dan pendampingan bisnis yang terintegrasi antara bimbingan di sekolah dengan latihan praktek kerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan pelaku bisnis yang telah berpengalaman. Program magang dilaksanakan untuk peserta didik di jenjang Sekolah Menengah.

 

Metode Eksplorasi bakat minat siswa

Program Magang siswa SMP - SMA