admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

SOUFlora, Outing Kelas Tetap Seru Meski di Sekolah Saja

SOUFLORA, OUTING CLASS TETAP SERU MESKI DI SEKOLAH SAJA

Alhamdulillah, pada tanggal 1 September 2021, SD 6 dapat melaksanakan kegiatan Outing Class pertama. Walaupun dalam kondisi pandemi dan PPKM, program kelas bagi siswa SD6 harus tetap dijalankan semaksimal mungkin terlebih lagi kegiatan eksplorasi lapangan yakni Outing Class. Tidak kekurangan ide, kami siswa SD6 yang biasa melakukan kegiatan eksplorasi lapangan jauh di luar sekolah, saat pandemi seperti ini kegiatan eksplorasi lapangan di unit bisnis yang baru dimiliki sekolah yaitu SoUflora. 

SoUflora merupakan unit bisnis sekolah yang didirikan sejak awal tahun 2021 yang mengusung konsep in situ development dimana khas dari Parung sebagai daerah yang terkenal dengan tananaman hiasnya, dihadirkan di SoUflora. Aneka jenis tanaman hias yang biasa kita lihat di toko tanaman hias hingga tanaman hias langka yang harganya hingga jutaaan rupiah tertata rapi di SoUflora. Selain aneka ragam tanaman hias yang dapat di eksplorasi di SoUflora, berbagai kompetensi pembelajaran yang menjadi target capaian kegiatan Outing Class kali ini pun dirasa mampu tercapai dengan berbagai fasilitas yang ada di SoUflora.

Pada kegiatan ini, peserta outing class mendapatkan begitu banyak informasi dan pengalaman. Setiap siswa mampu mengenal aneka jenis tanaman hias mulai dari yang biasa hingga langka, mengenal berbagai media tanaman yang baik digunakan untuk tanaman hias, mengeksplorasi cara perawatan tanaman yang benar hingga mengikuti workshop menanam sekulen yang tentunya sangat menyenangkan. Seluruh kegiatan diikuti dengan baik oleh seluruh peserta baik peserta yang langsung mengikuti kegiatan secara langsung ataupun siswa yang mengikuti kegiatan secara daring di rumah masing-masing. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa SD6 tidak hanya kaya akan pengetahuan melalui workshop perbanyakan dan perawatan yang tepat pada tanaman tetapi juga mampu menumbuhkan ketertarikan pada diri setiap siswa untuk dapat mengadopsi cara berpikir kreatif yang dilakukan SOUFlora dalam menyajikan ide bisnis. Belajar dari SoUFlora, tanaman hias yang biasa dapat bernilai lebih tinggi dengan pengemasan dan penyajian yang menarik. 

By Ismi 

  

  

My Pet Carnaval. Me and My Pet

My Pet Carnaval. Me and My Pet

Assalamualaikum

Apa kabar semuanyaa? Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat ya. Hemm Kali ini ada berita apaan sih dari PGTK Sekolah Alam School of Universe???? Ayo disimak !!

Untuk memperkuat pembelajaran TK-A, maka diadakanlah suatu rangkaian kegiatan yang sangat seru bernama My Pet Carnaval. Me and My Pet. Nah, untuk tema My Pet Carnaval pada tahun kali ini adalah "Me And My Pet". Tema ini kami pilih, selain daripada sesuai dengan tema pembelajaran "Animals" yang sedang menjadi tema besar di TK-A, juga agar anak-anak lebih mengetahui jenis binatang baik binatang peliharaan, binatang Liar.

Agar pengetahuan siswa lebih luas lagi dalam kegiatan ini, kami mengundang dokter hewan dari klinik Are Pet shop yaitu Drh Dian Yuliana dan Komunitas Hewan Bojong Gede (KHBG). Dalam kegiatan ini juga kami membuat sebuah mini pameran binatang di mana, binatang tersebut adalah binatang yang di bawa oleh kakak SD, SMP dan SMA serta tak lupa hewan TK-A yang memang sudah mereka pelajari selama tema tersebut. Ada yang membawa kucing Persia, Ular, Geko, kura-kura, ikan cupang, ikan Koki, dan masih banyak lagi.

Tamu pun berdatangan. Semua bersiap menikmati pertunjukan dimulai dari pembacaan ayat suci Al-Quran dan pembacaan peraturan yang dilakukan oleh siswa TK. Namun Qodarullah tiba-tiba hujan datang sehingga acara kami alihkan ke Indoor. Kegiatan dijeda sebentar setelah itu kami lanjut lagi "Allahumma shoyyiban nafi'an" [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].

Mendengar penjelasan dari dokter hewan membuat kita semakin mengerti bagaimana merawat hewan yang baik dan benar. Kemudian, setelah mendapat penjelasan dari dokter hewan, komunitas hewan pun beraksi melakukan pertunjukan segala macam binatang yang mereka miliki. Suasana semakin seru ketika ular piton keluar. Semua bersemangat untuk memegang dan melihatnya. Setelah kegiatan tersebut hadir lah acara yang ditunggu-tunggu yaitu Lomba Menghias binatang terunik. Anak-anak memamerkan hewan peliharaan mereka di red carpet sambil berjalan di depan juri dan menunjukan keunikan mereka. Ada yang memakai baju yang sama, dihias dengan pita, kura-kura bersayap dll. Seru dan sangat menghibur. Oh iya tak lupa dalam kegiatan ini pun Alhamdulillah kami di Sponsori oleh whiskas temptations.

Inilah sebuah cerita dari Anak-anak PGTK dalam acara My Pet Carnaval, Me and My Pet kali ini. Pesan kami adalah ayo sayangi binatang dengan cara melindungi dan memelihara mereka dan baik dan benar. Semoga acara ini bisa bermanfaat untuk semua.

by : ms. Nindie

      

   

Literacy Fair 2021

Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan. Survei menunjukkan Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara dalam penguasaan literasi.

Sekolah Alam School of Universe setiap tahun mengangkat Fair karya-karya Literasi siswa mulai dari TK hingga SMA. Tidak hanya tulisan, video, musik bahkan gambar dapat menjadi media menuangkan ide dan gagasan.

Enikki salah satu cara menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk gambar. Hal ini sudah sejak lama populer diterapkan di sekolah-sekolah di Jepang.

Mau tahu seperti apa Enikki itu? Penasaran dengan karya-karya hebat anak School of Universe? Yuk catat tanggalnya dan hadir pada Hari Sabtu, 27 November 2021 di School of Universe.

Open House PPDB School of Universe

Mencari sekolah yang tepat bagi buah hati tentu menjadi tantangan setiap orang tua yang akan memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan. Namun apa definisi "pilihan tepat" yang sesungguhnya? Apakah sekolah dengan infrastruktur megah dan fasilitas mewah? Atau sekolah dengan guru-guru internasional? Yuk cari sama-sama dalam parenting bersama Rr. Finandita Utari (psikolog dan konsultan Sekolah Alam School of Universe).

Sambil menunggu ayah bunda dengan 'pencariannya', Ananda juga bisa ikut mencari harta karun lho! Yuk ajak ananda seru-seruan dengan aneka games dan treasure hunts. Catat tanggalnya dan hadir di School of Universe pada Hari Sabtu, 11 Desember 2021. Kapan lagi berakhir tahun dan berakhir pekan dengan ilmu bermanfaat dan fun learning yang seru untuk ananda? GRATIS lho! 

Berpetualang Bersama OTFA 2021

OTFA ku berani 

OTFA ku mandiri...

OTFA menempa  tuk jadi pejuang sejati...

Begitulah penggalan lirik lagu OTFA, 

MasyaAllah OTFA yang selalu di nanti-nanti. Penuh keceriaan dan persiapan luar biasa yang tentunya sulit untuk dilupakan. Jangankan kegiatan OTFAnya, persiapannya saja sudah seru. Latihan fisik setiap hari, simulasi bangun tenda, packing perlengkapan, dan tak lupa yang paling mendebarkan yaitu swab antigen. Yup…setiap peserta dan panitia yang mengikuti kegiatan wajib dalam kondisi sehat dan menyertakan surat keterangan negatif dari virus covid-19.

Tanggal 12-14 Oktober menjadi hari berkesan bagi siswa-siswi kelas 1-4 SD School of Universe. Taman Nasional Gunung Halimun Salak masih menjadi tempat favorit kami melaksanakan kegiatan. Sangat jauh berbeda sejak kami tinggalkan 2 tahun lalu, Taman Nasional Gunung Halimun Salak seolah menyambut kami dengan hangat karena berbagai fasilitas umum di sana sudah di perbaiki sehingga kami semakin nyaman melaksanakan kegiatan. 

Seluruh peserta sudah harus berkumpul di sekolah pada pukul 04.00 pagi, dilanjutkan dengan shalat subuh berjamah. Sebelum berangkat dilaksanakan apel doa bersama. Perjalanan menuju Sukabumi ditempuh dengan lancar selama 2,5 jam menggunakan truck brimob. Adapun kegiatan dilaksanakan 3 hari 2 malam untuk OTFA 2 (Kelas 3 dan 4) dan 2 hari 1 malam untuk OTFA 1 (Kelas 1 dan 2).

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta kegiatan mampu mengimplementasikan nilai-nilai leadership seperti disiplin, tanggung jawab, berani, dan nilai-nilai yang sudah diajarkan di sekolah pada waktu sebelumnya dalam seluruh agenda kegiatan. Fasilitator bertugas untuk untuk mengobservasi dan mengevaluasi semua perilaku yang ditemukan pada saat dilapangan untuk selanjutnya dilakukan tindak lanjut agar semua target capaian kurikulum sekolah dapat tercapai dengan baik.

SALAM OTFA 2021…MANTAB (Mandiri, Antusias, Taqwa dan Berani)