admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Semangat Berbagi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui berbagi. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak berbagi. Dan di bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan, bahkan Rasulullah sendiri memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah, sebagaimana hadits: "Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk." (HR. Al Baihaqi, dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Pada bulan Ramadhan 1442 H ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Majelis Ta'lim Khadijah kembali memberikan bingkisan kepada staf Sekolah Alam School of Universe, khususnya bagian Tata Usaha, Security dan Bagian Umum (General Affair). Majelis Ta'lim Khadijah adalah Majelis yang beranggotakan ibu-ibu orang tua siswa School of Universe. Kegiatan rutin yang dilaksanakan MT Khadijah adalah mengadakan kajian-kajian keislaman, pengajian rutin, parenting dan pelatihan untuk orang tua dan umum, berbagi makanan setiap hari jumat, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Dengan adanya kegiatan MT Khadijah ini, Yayasan Alam Semesta mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepeduliannya terhadap karyawan di lingkungan School of Universe. Semoga dengan kegiatan ini dapat menjalin silaturahim yang lebih erat lagi antara karyawan School of Universe dengan orang tua siswa khususnya yang tergabung dalam MT Khadijah. Yang tidak kalah pentingnya sinergitas orang tua dan sekolah dalam mendampingi siswa-siswi School of Universe dapat lebih optimal.

Dalam kesempatan lain, School of Universe juga mempersiapkan bingkisan untuk seluruh guru dan karyawan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Proses paket bingkisan secara gotong royong dilakukan guru dan staf di Masjid Rahmatan lil Alamin, School of Universe. Semoga amalan yang kita usahakan di bulan ramadhan mendapatkan keberkahan dan balasan dari Allah SWT.

foto bersama Staf Security, General Affair, TU School of Universe dan Ibu-ibu Majelis Ta'lim Khadijah

Persiapan paket bingkisan untuk seluruh guru dan staf School of Universe

 

paket bingkisan siap dibagikan

Road to Parung Day 2021

 Road to Parung Day 2021

Indonesia memiliki keanekaragaman kebudayaan yang berbeda dari berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sekolah Alam School of Universe memperkenalkan setiap kebudayaan di Indonesia dalam event tahunan yang diberi nama Culture Day. Sebagai penutup kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran, Culture Day sekaligus sebagai seremoni kelulusan atau kenaikan jenjang pendidikan bagi siswa-siswi Playgroup B, Kindergarten B, SD6 dan SM6.

Penutup tahun ajaran 2020-2021, Sekolah Alam School of Universe memilih budaya Parung. Setelah pada tahun-tahun sebelumnya culture day memilih beragam budaya nusantara, seperti Betawi Day, Minang Day, Papua Day, Maluku Day, dan banyak lainnya, kali ini dipilih budaya lokal daerah Parung di mana School of Universe berada. Pemilihan budaya Parung bukan tanpa alasan. Dengan adanya pandemi covid-19, kita memberi makna bahwa dengan berada di 'rumah' kita akan lebih aman. Namun tanpa melihat kondisi pandemi saat ini, Parung adalah salah satu daerah yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dengan kekayaan budaya yang melimpah. Nuansa peleburan budaya Betawi dan Sunda terjadi di daerah ini. Banyak orang menyebut Betawi Ora. Tentunya Budaya Parung jarang kita lihat dan ter ekspos tayangannya di media cetak maupun televisi. Dengan Parung Day kali ini, diharapkan Budaya Parung dapat lebih dikenal masyarakat luas, termasuk kekayaan kuliner, wisata, dan bisnisnya, serta potensi lokal lainnya.

Tema yang diangkat pada acara Culture Day : Parung Day adalah "Culture is the Widening of the Mind and Spirit". Diharapkan dengan diadakannya acara ini menjadikan siswa-siswi School of Universe lebih mengenal dan mencintai kebudayaan Indonesia khususnya Parung. Dalam surat Alhujurat ayat 13, Allah menyuruh kita untuk saling mengenal : "Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal".

Parung Day insyaAllah akan diadakan pada hari Selasa dan Rabu, 22-23 Juni 2021, berlokasi di Sekolah Alam School of Universe, Parung-Bogor. Format acara tentunya akan sangat menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 yang saat ini masih belum pulih. Seperti apa? nantikan di hari pelaksanaannya ya?!

     

http://poestahadepok.blogspot.com/2019/09/sejarah-kota-depok-58-sejarah-parung.html

https://portaljabar.net/web/10985/pohon-jubleg-ikon-wilayah-parung-bogor.html

https://www.myedisi.com/swaracinta/3633/10428/filosofis-palang-pintu

  

 

SoUpercamp Ceria Era Pandemi Ala PGTK School of Universe

SoUpercamp Ceria Era Pandemi Ala PGTK School of Universe

By Mrs Ita

Alam yang penuh rahmat Allah, tak pernah henti mengajarkan nilai kearifan. Sumber inspirasi yang tak pernah kering, lintasan petualangan yang tak bosan membentuk mental tangguh para pemimpin bangsa dan dunia. Pemimpin teladan Muhammad SAW pun tercatat sebagai buah tempaan Sang Pencipta melalui indahnya petualangan bersama alam.

Rabu, 10 februari 2021, PGTK  School of Universe menyelenggarakan kegiatan SoUpercamp dengan tema " SoUpercamp ceria di masa Pandemi". Kegiatan SoUpercamp tahun ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya kegiatan dilaksanakan di luar sekolah, namun karena sedang mewabahnya virus corona jadi untuk kegiatan hanya bisa dilakukan di sekolah saja dan kegiatan pun hanya satu hari aja, tidak ada kegiatan bermalam untuk kelas TK B, tetapi meskipun dilaksanakan di sekolah dan tidak bermalam kegiatan tetap seru, tidak berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya.

Kegiatan dilaksanakan Pukul 07.30 hingga 20.30. kegiatan ini tentunya terlaksana dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat yaitu panitia dan teman-teman yang mengikuti kegiatan ini wajib memakai masker, memakai sarung tangan, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan setiap selesai berkegiatan dan untuk panitia H-7 dilakukan swab antigen sedangkan untuk siswa yang mengikuti wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter.

kegiatan diawali dengan pengecekan barang bawaan siswa pada setiap kelompok oleh masing-masing PAR (Pendamping Anggota Regu), sebelumnya panitia sudah membagi kelompok untuk teman-teman yang mengikuti kegiatan ini beserta PARnya, lalu teman-teman kecil PGTK diarahkan untuk shalat dhuha, selesai itu Ananda semua diajak ke lapangan untuk melaksanakan Apel pembukaan kegiatan SoUpercamp, yang mana kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala sekolah PGTK School of Universe yaitu Ms. Nindie Ellesia. nahhh tidak sampai disitu saja, selesai Apel pembukaan teman-teman diminta untuk membuat tenda, nah tenda ini berfungsi sebagai tempat beristirahat dan makan snack.

Selesai memasang tenda dilanjutkan dengan snack time dan berlanjut ke kegiatan outbound. Untuk kegiatan outbound yang pertama yaitu tracking. Tracking kali ini kita hanya berkeliling di sekitar lingkungan SoU sambil mengenal dan mempelajari tumbuhan-tumbuhan yang ada di SoU sambil menyuarakan yel-yel yang dibuat oleh masing-masing kelompok, wahhhh sangat mengasikkan kan tentunya. Nahhh setelah tracking teman-teman diminta untuk istirahat, shalat duhur dan makan siang, selesai ishoma teman-teman melanjutkan kegiatannya, yaitu outbound, kali ini outboundnya adalah two line bridge dan landing net. Disini teman-teman dilatih keberaniannya dan konsentrasinya. Oh iya perlu diketahui teman-teman bahwa setelah selesai dan sebelum kegiatan seluruh area yang kita gunakan di semprot oleh disinfektan.

Selesai melakukan kegiatan outbound higt impact, teman-teman melaksanakan shalat ashar lalu dilanjut dengan kegiatan outbound low impact yaitu bermain estafet bola, estafet kelereng, estafet bendera dan blind line. Selesai melaksanakan kegiatan outbound teman-teman diminta untuk mandi dan persiapan shalat maghrib, sambil menunggu adzan maghrib teman-teman mendengarkan story telling dari salah satu panitia, lalu melaksanakan shalat maghrib berjamaah dilapangan yang penuh dengan lampion.

Selesai shalat maghrib teman-teman makan malam bersama, tentunya makan malam dengan menu yang sangat enak dan sehat dan dilanjutkan shalat isya berjamaah. Selesai itu teman-teman diajak kelapangan untuk melihat api unggun dan bakar-bakar sosis selain itu teman-teman juga diminta untuk menyanyikan yel-yel masing-masing kelompok, pokonya sangatttttt seruuu. Selesai api unggun selesai pula kegiatan SoUpercamp, dan terakhir selesai penutupan teman-teman diberikan sertifikat dan apresiasi karena sudah sangat semangat mengikuti kegiatan SoUpercamp ini. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman terbaik untuk siswa-siswi PGTK School of Universe.

Nahhhh berikut sebagian foto-foto kegiatan SoUpercamp kitaaaa

   

 

 

Sosialisasi Kesehatan Virtual bersama Pukesmas Parung

Sosialisasi Kesehatan Virtual bersama Pukesmas Parung

By Ms fia

Hai teman-teman apa kabar kalian semua, apa kalian sehat ? semoga kalian semua tetap sehat ya.. karena tahukah kalian sejak tahun 2019 Bumi kita sedang dilanda oleh Virus Corona atau Coronavirus yang bisa menyerang kesehatan saluran pernafasan kita hingga kebagian tubuh yang lain. 

Di masa Pandemi Covid-19 yang sedang kita alami sekarang ini menuntut kita harus pandai dan giat untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita agar kita dapat memutus rantai terjadinya penyebaran virus Covid-19 ini.

Nah salah satu upaya PGTK School of universe agar tetap sehat, pada Kamis, 04 Maret 2021 kami melakukan pemeriksaan kesehatan virtual yang di isi oleh Kak Nanda Annisa Mayasani, A.Md.kep. Kak Nanda mengajarkan kami semua untuk tetap menjaga kebersihan  dan kesehatan seperti cara mandi yang benar ternyata mandi yang baik dan benar itu urutannya dari bawah lalu ke atas lo teman-teman, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak serta kami di pandu untuk mengecek kesehatan badan saat pandemi.

pemeriksaan kesehatan merupakan program rutin PGTK School of Universe disetiap tahunnya lho teman-teman, kami bekerja sama dengan pihak PUSKESMAS Parung untuk membantu berjalannya program ini. dan teman-teman jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya agar tubuh kita selalu tetap sehat dan Bumi kita kembali normal kembali.

stay safe and healty

   

 

Corona Pulang kampung

Drama Akhir Tahun playgroup and kindegarten : Corona Pulang kampung

By Ms Nindie

Corona pulang kampung adalah judul drama yang akan ditampilkan oleh teman-teman kecil nan menggemaskan siapa lagi kalau bukan siswa-siswi Playgroup dan Kindergarten Sekolah Alam School of universe. Judul ini tidak hanya sekedar judul tapi mudah-mudahan menjadi do'a yang teman-teman panjatkan, semoga coronanya segera pergi dari muka bumi agar kita bisa bermain bersama tanpa rasa khawatir lagi.

Kegiatan drama akhir tahun adalah kegiatan yang selalu rutin kami laksanakan. Di tengah pandemi saat ini memang kami memiliki konsep baru dari tahun sebelumnya di mana kami melakukan take video setelah itu kami gabungkan. Di hari Jum’at, 23 April 2021 seluruh civitas School of Universe serempak menonton video tersebut.

Drama akhir tahun ini tentu menjadi pengalaman berkesan untuk siswa-siswi PG-TK School of Universe di mana mereka diajarkan untuk bertanggung jawab dan bersungguh-sungguh untuk memerankan perannya.

Pertunjukan drama akhir tahun PG-TK  "Corona Pulang Kampung" ini dipertunjukan secara daring menggunakan aplikasi zoom pada hari Jumat 23 April 2021 yang diikuti sekitar 35 lebih penonton. Bagi teman-teman yang masih penasaran bagaimana keseruan drama tersebut, bisa dilihat di youtube channel PGKG SoU Official.