All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Magang Bioteknologi SM1

Salah satu permasalahan global yang tengah melanda masyarakat dunia adalah ledakan penduduk yang tidak terkendalikan. Permasalahan ini jelas menimbulkan dampak yang sangat mengerikan dan akan dirasakan oleh seluruh umat manusia. Sebut saja misalnya, kelangkaan bahan pangan, kelangkaan sumber daya mineral dan energi, kelangkaan sumber air bersih dan lain-lain. Mungkin dampaknya tidak terlalu dirasakan saat ini, namun yang pasti dampak-dampak negatif akibat ledakan penduduk akan dirasakan oleh anak dan cucu kita di masa mendatang. Tentunya dampak-dampak tersebut harus diantisipasi sedini mungkin.

Salah satu dampak dari ledakan penduduk yang tidak terkendali adalah kelangkaan sumber daya pangan. Hal ini disebabkan oleh semakin sempitnya lahan-lahan kosong yang dapat digunakan untuk keperluan pertanian. Luas daratan di bumi semakin berkurang oleh karena banyaknya es yang mencair di kutub. Ditambah dengan tingginya angka kelahiran. Bila luas daratan dibandingkan dengan banyaknya penduduk di dunia, maka angkanya akan semakin menakutkan. Lahan-lahan kosong yang ada belum tentu dapat digunakan untuk pertanian.

Manusia saat ini sedang mengembangkan berbagai teknologi pertanian yang memungkinkan terjaminnya ketersediaan bahan pangan dengan berbagai macam kondisi lahan yang ada. Salah satu teknologi pertanian yang saat ini sedang berkembang pesat adalah teknologi pertanian organik. Teknologi pertanian organik tidak hanya dapat dikembangkan dengan mudah, lebih dari itu hasil pertanian organik jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan produk pertanian konvensional yang banyak menggunakan bahan kimia. Pertanian organik sedikitpun tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia karena pupuk yang digunakan adalah pupuk organik dari bahan-bahan alami.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Indonesia dahulu dikenal dengan salah satu negara yang dapat menjamin ketersediaan pangannya sendiri. Dengan kata lain, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang bio ekoteknologi, khususnya di bidang pertanian. Namun saat ini, Indonesia justru termasuk salah satu negara pengimpor beras. Tentunya kenyataan ini sangat menyakitkan bagi kita semua. Padahal jika Indonesia tetap fokus pada pengembangan teknologi pertanian sesuai dengan kompetensinya, maka Indonesia akan menjadi negara agraris yang disegani oleh negara-negara lain. Harus diakui bahwa Indonesia telah terjebak pada teori pembangunan Rostow yang menyesatkan. Oleh karena itu wajar jika banyak negara berkembang yang meninggalkan kompetensinya dan beralih kepada pengembangan industri yang bukan keahliannya. Akibatnya banyak lahan pertanian beralih fungsi menjadi kawasan industri. Banyak tenaga pertanian yang bekerja sebagai buruh pabrik. Alam dan lingkungan menjadi rusak. Produk pertanian juga banyak yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 

School of Universe adalah sekolah alam yang berkomitmen tinggi untuk merubah peradaban Indonesia dengan melahirkan khalifatullah fil ardh yang rahmatan lil'alamin. Lewat konsep pembelajaran 'Belajar Bersama Alam', School of Universe senantiasa berupaya mengembalikan dan mengoptimalkan alam sekitarnya sebagaimedia belajar. Alam dan pengalaman merupakan guru terbaik. Siswa mendapatkan pengalaman belajar yang tidak terlupakan lewat kegiatan-kegiatan pembelajaran di alam. Mengapa siswa harus belajar langsung dari alam? Alam merupakan karunia yang tidak terhingga yang mampu menumbuhkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. ALam juga mampu menempa karakter dan kepribadian kita agar semakin unggul. Alam juga menyadarkan kita untuk terus menjaga kelestariannya.

Salah satu program pendidikan yang diusung oleh School of Universe adalah pembelajaran bioteknologi dan peternakan di mana siswa mendapatkan kesempatan dan pengalaman berharga belajar banyak hal melalui pembelajaran langsung secara kontekstual di lahan pertanian dan peternakan. Tentunya program magang bioteknologi dan peternakan sangat bermanfaat bagi siswa School of Universe, khususnya siswa Sekolah Menengah (SM) - School of Universe. Lewat program ini, banyak harapan yang bisa diwujudkan di masa mendatang, termasuk Indonesia yang jauh lebih baik.

Tujuan dari pemagangan ini antara lain membangun kemandirian dan karakter kewirausahaan pada diri siswa, memperkenalkan teknologi pertanian dan peternakan secara langsung kepada siswa, serta memperkenalkan potensi-potensi bisnis pertanian dan peternakan kepada siswa. School of Universe menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga terkemuka dibidangnya, konsern terhadap pendidikan dan memberikan kebermanfaatan untuk kebaikan. Agri Insani dan Institut Pertanian Bogor adalah lembaga yang dapat menjadi tempat belajar siswa SM School of Universe selama kurang lebih 1 bulan program pemagangan mulai dari persiapan, proses pemagangan, hingga penstrukturan hasil pengalaman magang. Pemagangan akan dimulai pada tanggal 20 Agustus 2019 yang akan datang.

 

-Ahmad Subki

-Ruri Clara Aprilia

 

Pelaksanaan Idul Adha di SOU

Setiap tahun, kita memperingati kisah Nabi Ibrahim Alaihissalam Khalilullah, yang sangat penuh dengan perjuangan. Semakin didalami kisahnya, semakin yakin bahwa Allah Swt yang Maha mengatur segala sesuatu. Sebagai makhluk-Nya, hendaklah kita meneladani para Rasul dengan segala kebaikannya terutama Rasulullah SAW. Kisah Nabi Ibrahim AS, selalu membahana ketika Hari Raya Idul Adha datang. Bukan hanya kisah, tapi segala sesuatu tentang pengorbanan pun selalu memiliki intrik yang menarik untuk dijadikan bahasan. Semakin banyak yang berqurban semakin banyak keikhlasan yang hadir dalam diri kita. Karena ibadah Qurban, mendekatkan kita kepada Sang Pencipta.

لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقْوَىٰ مِنكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُحْسِنِينَ ﴿٣٧

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi KETAKWAAN dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S.22:37)

Idul Adha 1440 H... Menjadi momentum untuk kita berbagi. Harta yang kita kumpulkan, ada bagian orang yang membutuhkan, ada hak orang lain di dalamnya. Daging satu ekor sapi dan 13 ekor kambing/domba sudah didistribusi kepada masyarakat sekitar yang berhak menerima. Semoga dengan Qurban ini, kita menjadi lebih takwa kepada Allah swt. Terimakasih kepada Ayah dan Bunda yang sudah berqurban di SoU, semoga Idul Adha tahun depan kita masih diberikan kesempatan untuk berqurban, aamiin

  

  

  

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1984035325032069/

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1984015705034031/

 

Kerjasama Polimedia dan School of Universe

 

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Swt, Selasa 6 Agustus 2019 Yayasan Alam Semesta - School of Universe dan Polimedia menandatangani MoU (Memorandum of Understanding), di Jakarta.

Dalam MoU ini Ketua Yayasan Alam Semesta Mrs Yusrianah, SKM. M. Pd dan Direktur Polimedia Negeri Media Kreatif, Dr. Purnomo Ananto, MM menandatangani nota kesepakatan kerjasama yang akan dilakukan selama 1 Tahun Ajaran ke depan, ada 3 Program Studi yang akan menjalankan program pengambian kepada masyarakat melalui School of Universe.

Semoga Kerja sama ini menghasilkan inovasi dan kebaikan bagi lingkungan sekitar dan menjadi Rahmatan Lil 'Alamin

  

 

Simulasi Manasik Haji dan shalat Idul Adha

Hari ini Jumat 9 Agustus 2019 SoU mengadakan simulasi kegiatan Haji dan Sholat Idul Adha, sebagai salah satu pembelajaran praktek ibadah, sekaligus menghayati dan mengamalkan kisah nabi Ibrahim. Kegiatan manasik haji ini diikuti oleh semua level khususnya Playgroup sampai dengan SD. Untuk level SM selain lebih memperdalam makna Idul Adha juga sekaligus memotivasi siswa agar mempersiapkan diri sedini mungkin untuk mengamalkan rukun islam yang ke lima untuk menunaikan ibadah haji. 

Selain bersimulasi kegiatan Haji anak anak juga bermain bersama sambil melihat hewan Qurban yang sudah hadir di sekolah. School of Universe tahun ini juga mengadakan pemotongan hewan kurban, baik dari orang tua siswa maupun dari warga sekitar. Untuk selanjutnya daging kurban akan disalurkan kepada masyarakat sekitar yang berhak melibatkan siswa-siswi SM.

Yayasan Alam Semesta, School of Universe, MSoT dan NUEFA Digital Campus mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H

  

  

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1977338352368433/

WOS Camp 2019

Awal tahun ajaran 2019/2020 seperti sekolah-sekolah pada umumnya, dilaksanakan pekan orientasi siswa baru yang pada intinya mengenalkan lingkungan sekolah, budaya sekolah, perkenalan guru dan staf sekaligus teman-teman baru. Yang unik di School of Universe, khususnya untuk siswa baru SM (Sekolah Menengah), siswa juga diperkenalkan dengan semesta alam tempat mereka akan banyak menimba ilmu. Gunung Bunder menjadi pilihan di tahun ini sebagai tempat pelaksanaan WOS selain di sekolah.

Dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Juli 2019 hingga 18 Juli 2019 siswa menjalankan kegiatan WOS Camp 2 hari 1 malam. Dengan menggunakan kendaraan truk tronton, siswa diberangkatkan pukul 06.50 dan tiba pada pukul 09.30. Menuju camping ground siswa harus berjalan kaki.

Kegiatan pun dimulai dengan membagi siswa berkelompok, setiap kelompok yang terdiri dari beberapa siswa mulai mendirikan tenda untuk persiapan menginap. Pengenalan medan sekitar camping ground dilakukan dengan melakukan trekking. Selama trekking, siswa diperkenalkan dengan satwa dan tumbuhan yang ada. Tentunya selain terkait dengan ilmu IPA/biologi, pengenalan tumbuhan ini juga bermanfaat pada saat kita berada dalam kondisi terbatas apa saja tanaman yang bisa dikonsumsi dengan aman dan sebaliknya berbahaya apabila dikonsumsi karena mengandung racun. 

Tidak lengkap rasanya kalau sudah berada di Gunung Bunder tanpa melakukan kegiatan fisik. Siswa pun dilatih baris ber baris, di kenalkan cara membuat bivak (shelter berteduh bila tidak tersedia tenda).

Pada malam harinya siswa dan fasilitator membuat api unggun. Siswa saling mengakrabkan diri satu sama lain dan fasilitator SM agar kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan bersama selama satu tahun kedepan dapat berjalan dengan kompak dan solid.

Hari ke-dua di awali dengan sholat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan sarapan bersama. Outbound dengan instalasi Monkey walk, lempar kapak dan blind square menambah keseruan kegiatan WOS Camp tahun ini. Tidak kalah seru, siswa juga berkegiatan di air terjun.

Seluruh kegiatan sudah selesai dilaksanakan dan saatnya mereka untuk kembali menuju sekolah. Kegiatan ini menjadi pengenalan bahwa pada tahun-tahun kedepan, akan banyak sekali kegiatan outdoor, mulai dari magang, berjualan, adventure, survival dan backpack ke negeri tetangga. Mudah-mudahan dengan mengawali tahun ajaran ini dengan kegiatan yang menyenangkan akan menumbuhkan semangat menimba ilmu, saling memberi manfaat dengan teman-teman, guru dan seluruh civitas sekolah lain dan yang pasti memberikan manfaat bagi seluruh alam.

           

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1943740685728200/

https://www.facebook.com/337612106341074/posts/1939576566144612/