admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Unit Bank SamSoU (Bank Sampah School of Universe), cara Sekolah Alam tanamkan kepedulian pada lingkungan

Unit Bank SamSoU (Bank Sampah School of Universe), cara Sekolah Alam tanamkan kepedulian pada lingkungan.

Kegiatan memilih dan memilah sampah yang melibatkan siswa di sekolah Alam School of Universe, menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari senin. Misi yang dimiliki Unit bank SamSou salah satunya adalah "ubah sampah menjadi berkah". 

kegiatan ini melibatkan para siswa agar mereka ikut peduli terhadap kebersihan lingkungan dan menjadi khalifah muda yang sayang akan bumi. Tak hanya itu School of Universe ingin setiap anak mampu mengklasifiasi dan mengetahui berbagai jenis sampah sehingga nantinya mereka tidak hanya sekedar mampu membuang sampah pada tempatnya namun tepat membuang sampah sesuai jenisnya. Saat ini sampah yang terkumpul bisa didaur ulang dan dimanfaatkan untuk membuat media belajar, display dan membuat kerajinan. Di antaranya botol kaca dapat dibuat alat musik dan sampah kardus dapat dibuat aneka macam hiasan dan tutup botol bisa dijadikan sebuah keranjang menarik. Sebagian lagi sampah akan dijual ke pengepul sekitar SoU. Hasil penjualan sampah ini diberikan kepada kelas-kelas sesuai dengan catatan buku tabungan Bank SamSoU mereka .

Para siswa dilibatkan dalam kegiatan ini agar juga bisa ikut berperan dalam menjaga kebersihkan lingkungan baik di sekolah maupun di rumah sehingga program 5 R berjalan secara konsisten. di masa pandemi covid-19 ini pun menjadi pelajaran bagi kita dalam pentingnya menjaga kebersihan. 

Sekedar informasi unit Bank SamSou memiliki beberapa program yaitu:

1. Woro-woro (Pembuatan dan pengumuman terkait hasil pengumpulan dan penjualan barang bekas melalui mading Bank SamSoU)

2. Kumpul-Kumpul (Pengumpulan, penimbangan, dan pencatatan barang bekas dari kelas)

3. Jual-jual (Penjualan barang bekas)

4. Nge-Display Yuk (Pembuatan display dari barang bekas)

5. Barbeku Fest (Penjualan barang bekas berkualitas kepada warga SoU dan warga sekitar SoU)

6. Bagi-bagi (Program sharing dan pelatihan tentang pemanfaatan barang bekas kepada masyarakat atau sekolah yang tahu sampah sebagai media belajar )

by Ms. Nindie

00 01 02 05 03 04

   

   

   

PGTK School of Universe Goes to Safari Royal Garden

PGTK School of Universe Goes to Safari Royal Garden

Kamis, 11 November 2021 PGTK berkunjung ke Safari Royal Garden. Tujuannya adalah dari Outing kali ini adalah untuk mempelajari secara langsung binatang, jenis tanaman dan lingkungan.

Tepat pukul 9.30 WIB kami sampai di tujuan. Kami disambut oleh pemandu di sana. Kami pun beristirahat di banjar. Setelah itu kami berkeliling mengunjungi hewan-hewan seperti gajah, ikan besar, buaya, bebek, ular dan binturung. Di tengah pandemi tempat ini memang sangat aman selain jarak antar tempat hewan dekat jumlah pengunjung pun tidak terlalu banyak sehingga kita bisa leluasa melakukan kegiatan di sana.

Terlihat anak-anak sangat antusias dalam melakukan kegiatan ini yang paling keren adalah mereka bisa konsisten untuk tidak melepas masker saat berkeliling, ada beberapa pengunjung yang memperhatikan kami bahkan sempat bertanya ini dari sekolah mana? Dan pertanyaan selanjutnya outing tanpa orangtua? Iyes kami jelaskan bahwa saat berkegiatan di luar tidak ada orangtua yang ikut. Di sini mereka di latih kemandiriannya juga memang bukan hal mudah untuk orangtua merelakan anaknya dilepas dalam kegiatan ini namun orangtua PGTK School of Universe adalah orangtua yang sangat luar biasa berkat doa dan dukungan mereka acara berjalan dengan lancar Anak kembali ke rumah dalam kondisi aman dan sehat. 

Cooking Class SD6

Cooking Class SD6

Alhamdulillah pada tanggal 21 Oktober 2021, SD 6 dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran seru yaitu belajar sambil memasak dikelas (Cooking Class).  Tema cooking class kali ini yaitu berkaitan dengan tema pembelajaran tentang “Globalisasi” . Mereka ditantang membuat dessert viral yang mendunia. Kemudian mereka berdiskusi, berkreasi dan bereksplorasi, serta memasak dengan waktu yang sudah ditentukan. Untuk cooking kelas luring (offline class) kali ini dibuat semacam pertandingan, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok, lalu kemudian setelah selesai kedua tim menyerahkan hidangan untuk di nilai dewan juri, Tim A membuat dessert box, dan Tim B membuat Crepe Cake. 

Mengubah ruang kelas menjadi dapur, anak-anak sangat bersemangat dan antusias saat kegiatan ini dan untuk siswa yang melakukan kegiatan cooking secara daring dirumah masing-masing ditugaskan membuat membuat brownies oreo yang resepnya sudah dikirimkan oleh fasilitator namun bahan-bahannya disiapkan dari rumah. Mereka pun sangat senang dan puas dengan hasil masakan yang dibuatnya karena rasanya enak. Selain itu, resep ini juga dapat menjadi referensi ide untuk jualan mereka pada saat Business Day. 

Melalui kegiatan ini banyak sekali hal yang dapat mereka latih, mulai dari belajar bersabar untuk mengikuti intruksi dari leader masing-masing, mampu bekerja sama dengan tim, mampu menyelesaikan permasalahan, serta mengimplementasikan pembelajaran matematika yang sudah dipelajari sebelumnya seperti menghitung takaran komposisi bahan makanan yang dibuat, menghitung durasi yang dibutuhkan serta biaya yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan tersebut. 

By Ismi

   

        

PG Show : The Very Busy Spider by Eric Carle

PG Show : The Very Busy Spider by Eric Carle

PG Show merupakan akronim dari Playgroup Show dimana kegiatan pertunjukan drama musikalisasi yang diambil dari buku bacaan mereka di kelas. Sekedar informasi bahwa di school of Universe memiliki kelas Playgroup dimana rentang usia mereka adalah PG-A 2-3 tahun sedangkan PG-B 3-4 Tahun. 

Jumat, 29 Oktober 2021 cerita yang disuguhkan oleh siswa Playgroup dalam kegiatan PG Show diambil dari penulis terkenal asal Amerika yaitu Eric Carle, dengan buku berjudul The Very Busy Spider. Ceritanya unik namun sangat berkesan saat diperankan oleh siswa-siswi Playgroup. Dimana dalam cerita tersebut menampilkan laba-laba yang sibuk memintal jaring laba-laba sehingga saat dipanggil oleh teman binatangnya untuk bermain mereka tetap fokus memintal jaring laba-laba tersebut.

Tepat pukul 9.30 WIB para penonton satu persatu berdatangan tak lupa sebelum masuk ke pertunjukan PG Show The Very Busy Spider mereka diwajibkan untuk membeli tiket terlebih dahulu. Dari pembelian tiket ini juga merupakan kompetensi bisnis siswa PG yaitu "Membantu" dalam hal ini mereka membantu berperan dalam sebuah drama. Tak hanya melatih bisnis dan seni mereka namun melatih mereka juga berani tampil di depan umum.

Alhamdulillah orangtua dan seluruh civitas school of Universe yang datang dan menyaksikan menambah seru kegiatan ini. Tentu dengan prokes yang tidak boleh kita lupakan. Nantikan PG Show tahun depan yaa kira-kira cerita apalagi yang akan kami perankan. 

By : Nindie

  

  

Market Day SD6

Market Day SD6

Alhamdulillah pada tanggal 17 September 2021, SD 6 dapat melaksanakan kegiatan bisnis yaitu “Market Day”. Bertema  “Corn Food Festival”, pada Market Day kali ini, semua menyuguhkan aneka makanan dan minuman sehat dari olahan jagung. Karena masih dalam kondisi pandemi maka teknis Market Day menggunakan sistem Purchase Order (PO) dimana seminggu sebelumnya teman-teman SD6 telah mempromosikan menu yang dijual kepada seluruh warga sekolah, dan mencatat pesanan. Kemudian pada hari H Market Day pengunjung datang untuk mengambil dan membayar pesanan pada stand market yang digelar dengan tetap menjaga protokol kesehatan.  Pada Market Day kali ini kegiatan terbagi dua yaitu luring dan daring, untuk luring anak-anak berjualan disekolah secara langsung dan untuk daring anak-anak berjualan dirumah yang dijajakan kepada tetangga, saudara ataupun rekan kerja ayah bundanya di kantor. Alhamdulillah anak-anak bersemangat pada kegiatan Market Day ini, ditambah dengan banyaknya pesanan yang mereka terima. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk Fund Raising teman-teman SD6 mengumpulkan dana untuk persiapan ekspedisi dan backpacker.  

By Ismi