admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Dirgahayu Republik Indonesia ke 76

Dirgahayu Republik Indonesia ke 76

Berikut adalah liputan latepost perayaan HUT RI ke 76 di Level PGTK SOU. Dua tahun ini Indonesia merayakan hari kelahirannya secara beda seperti yang kita ketahui di seluruh penjuru tentu berdampak pada pandemi dan yang pasti tidak bebas merayakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian semangat menyambut hari kemerdekaan sangat terasa di sekolah kami yaitu School of Universe-Parung. Seluruh level merayakannya, sudah tentu teman-teman kecil kita di PGTK School of Universe sangat antusias menyambutnya. Perlombaan tahun ini diadakan secara daring dan luring adapun perlombaan yang diadakan adalah mewarnai bendera, mengipas bola, dan Membawa kelereng, dan lomba-lomba lain yang seru. Perlombaan semakin merah ketika dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba.

Nindie Ellesia selaku kepala sekolah PGTK menjelaskan meski saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, akan tetapi PGTK School of Universe tetap bersemangat merayakannya baik yang ada di rumah maupun di sekolah. "Lomba di sekolah dapat meningkatkan rasa solidaritas antar pertemanan dan mampu memiliki jiwa berani sedangkan lomba di rumah yang melibatkan orangtua juga bisa mengeratkan hubungan emosional dalam keluarga dan menamkan jiwa suportif pada anak", imbuhnya.

"Semoga wabah Covid-19 tahun depan kita bisa merayakan kemerdekaan Indonesia dengan makna sebebas-bebasnya merdeka melakukan kegiatan tanpa khawatir dengan virus covid-19. Jayalah Indonesiaku lekas Pulih-lah Negeriku. - Nindie

   

   

School of Universe Menggelar Parung Day : Wisuda dengan Mengangkat Tema Budaya Parung

School of Universe Menggelar Parung Day : Wisuda dengan Mengangkat Tema Budaya Parung

Di akhir tahun setiap sekolah dari tingkat PG, TK, SD, SMP dan SMA tentu melaksanakan moment yang ditunggu-tunggu yaitu acara wisuda. School of Universe merupakan salah satu sekolah yang konsisten setiap tahunnya membuat kegiatan budaya bersamaan dengan kegiatan Wisuda. Tahun ini School of universe memilih mengangkat tema budaya Parung, dengan tajuk Parung Day. Festival Parung Day memiliki arti penting bagi sekolah pendidikan siswa dan siswi School of Universe dalam upaya menjaga, melestarikan dan sekaligus memperkenalkan seni budaya serta potensi yang ada di Parung. 

Berbagai kegiatan digelar pada acara wisuda dari mulai aksi Palang Pintu, pemaparan sejarah oleh tokoh masyarakat sekaligus sesepuh Parung, seni bela diri Kotek, pemaparan potensi parung ikan dan tanaman hias serta kekayaan budaya Parung lainnya. Menariknya semua yang hadir menyaksikan secara luring dan daring sangat antusias melihat apa yang ditampilkan. Ragam seni dan budaya yang tentu sangat baik untuk melestarikan seni dan budaya lokal yang mulai ditinggalkan oleh para generasi milenial.

  

Kegiatan ini dibuka langsung oleh konseptor sekolah alam yaitu Ir Lendo Novo dan Mrs Jusrijanah, M.Pd. Festival Budaya Parung Day ini adalah Festival Budaya terakhir yang sempat dihadiri oleh Bang Lendo Almarhum. Pada kesempatan kali ini hadir pula Kasie Dinas Pariwisata kabupaten Bogor Andi Yuslin Rosandhi, SE,MM dan Camat Parung Bapak Yudi Santosa. S.sos. Mengutip dari sambutan Bapak Yudi, "saya mengapresiasi jika ada sekolah yang mengadakan memasukkan kegiatan seni dan budaya lokal. Ini tidak lain untuk melestarikan seni dan budaya lokal serta agar para pelajar tetap mencintai seni dan budayanya sendiri".

Kegiatan seni dan budaya seperti tari tradisional, lagu daerah, Bahasa daerah harusnya menjadi acara yang wajib ada pada setiap acara wisuda di sekolah. Sehingga mereka semakin mengenal dengan bahasa, seni dan musik daerah sendiri khususnya daerah parung.

Sementara itu, pada saat wisuda yang bertema Parung Festival Day ini  ada beberapa pementasan seni, salah satunya drama yang memiliki alur cerita daerah Parung. Dalam kegiatan ini semoga banyak warga Parung untuk menjadikan Parung Festival Day ini sebagai momentum terbaik yang dapat menumbuhkan rasa memiliki dan mengenal seluruh budaya dan potensi parung.

Panitia yang terdiri dari Guru-guru serta siswa-siswi School of Universe, merasakan bahwa acara yang mengangkat budaya Parung masih sangat terbatas, sehingga perlu terus didorong untuk ditumbuh kembangkan. Agar dapat diketahui oleh masyarakat saat ini, 

semoga melalui Parung Festival Day ini diharapkan, kita akan semakin bangga dan mencintai budaya Indonesia, juga khususnya mengetahui sekaligus memahami ragam Budaya yang ada di Parung. Sampai berjumpa lagi di tema budaya tahun depan. - Nindie

  

  

Healthy Snack Day PGTK

"Wahai orang-orang yang beriman, makanlah kalian dari rezeki yang baik-baik yang telah Kami berikan kepada kalian." (Al-Baqarah: 172)

Selasa pagi, 3 Agustus 2021 teman-teman PGTK menikmati serunya makan bersama dalam kegiatan Healthy Snack day kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan. Selain untuk membiasakan makanan sehat dalam kesempatan ini selalu memotivasi agar anak mengetahui makanan sehat dan halal. Pada kesempatan ini juga kita nonton bersama lho tentang makanan sehat. Karena di dalam tubuh dan makanan sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan adanya kegiatan ini anak yang sulit makan buah akan lebih mudah diarahkan untuk mulai mencobanya. #Nindie

 

Welcome to PGTK School of Universe 2021/2022

Sekolah kami merupakan sekolah Alam di mana segala aktivitas pembelajaran dilakukan di ruang terbuka. Kami sangat yakin bahwa di masa pandemi saat ini ruang terbuka seperti inilah yang yang sesuai namun tentu dengan protokol kesehatan yang tetap kami patuhi.

Tahun ajaran baru tentu tumbuh dengan semangat baru, teman baru dan lingkungan baru. Satu persatu anak datang dengan memakain faceshild, masker dan tentu membawa perlengkapan pribadi. Tahun ini ada yang datang ke sekolah dan ada yang daring kami memberikan dua pilihan yang pasti tidak memaksakan pilihan anak dan orangtua. Kami melakukan metode blended Learning di mana kegiatan tatap muka dilakukan secara bersamaan dengan daring jadi dipastikan anak-anak yang belum mau datang ke sekolah tetap dapat menikmati serunya kegiatan bersama. Semoga semua selalu sehat, bahagia dan ceria #Nindie

    

Healthy Life ala SD5

Healthy Life atau gaya hidup sehat kini tidak hanya menjadi tren namun menjadi sebuah keharusan. Dengan pola hidup sehat kita bisa memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit khususnya di tengah pandemi saat ini. Pola hidup sehat dapat di peroleh dengan berolah raga yang cukup, istirahat yang berkualitas dan pola makan yang sehat dan bergizi. Apa yang kita konsumsi tentunya akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Makanan sehat bersumber dari berbagai macam hewan dan tumbuhan yang diolah dengan cara yang baik. Tahu kah anda bahwa ada sebuah tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dia adalah tanaman Gynura. Di Indonesia tanaman ini memiliki beberapa nama daerah seperti daun dewa, sambung nyawa dan ngokilo.

Dengan ketertarikan terhadap tanaman serta manfaatnya, siswa-siswi SD 5 Sekolah Alam School of Universe mengambil tema Healthy Life dan melakukan penanaman Gynura di kebun sekolah. Kegiatan diawali dengan mempersiapkan lahan, dan menyemai bibit tanaman Gynura. Kegiatan penyemaian didampingi oleh Pak Yoki, Bu Yusri dan Bu Karina. Bu Yusri dan Bu Karina adalah guru sekaligus pengelola unit bisnis Souflora di School of Universe. Selain bisnis tanaman hias, Souflora juga melakukan perbanyakan tanaman dengan kultur jaringan. Apabila proses penyemaian berhasil dan tanaman tumbuh dengan baik, siswa juga akan melakukan perawatan berupa penyiraman dan pemupukan. Saat panen, siswa akan mengolah dan bisa jadi peluang bisnis juga lho!

Apa yang dimanfaatkan dari tanaman Gynura atau Sambung Nyawa ini? ternyata yang diambil dari tanaman ini adalah daunnya. Daun dari tanaman Gynura mengandung zat aktif seperti saponin, tannin, terpenoid, dan lain-lain. Zat-zat tersebut ternyata bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan ini yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh. Daun Gynura juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, melawan kanker, daebetes, gangguan pencernaan, hipertensi dan jantung, penyakit ginjal dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya? Daun Gynura dapat dimakan langsung daunnya. Atau dapat diolah terlebih dahulu menjadi juz, sehingga selain manfaatnya, rasanya juga dapat dinikmati.