admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Elementary 3 Warriors goes to museum tanah dan pertanian

Elementary 3 Warriors goes to museum tanah dan pertanian 

 

Yeaaay ini kali pertama kami SD 3 keluar dari lingkungan sekolah untuk belajar di tempat yang berbeda dari biasanya, semua teman-teman SD 3 sudah siap dengan dresscode birunya yang sangat terlihat cerah ceria seperti cuaca di pagi ini. Allhamdulillah Rabu, 24 Agustus 2022 kami teman-teman SD 3 School of Universe melakukan kunjungan ke Museum Tanah dan Pertanian di Bogor. Sebelum berangkat seperti biasa kami tetap melakukan aktivitas pagi mulai dari clean up, sholat Dhuha dan opening class setelah itu kami bersiap dan berbaris per-CLC menuju depan sekolah. 

Ternyata transportasi kami kali ini berbeda dengan biasanya. Kali ini kami menggunakan angkutan kota alias angkot, angkot adalah salah satu ikon transportasi umum di Bogor, teman-teman SD 3 sangat excited sekaliii bahkan ada yang baru pertama kali merasakan serunyaa naik angkot yang sangat smeriwiiing sejuknya.

Setelah perjalanan kurang lebih 1 jam akhirnya kami sampai tepat di depan pintu masuk museum tanah dan pertanian, ternyata sudah banyak  kakak-kakak magang dan guide di sana yang bersiap menyambut kami.

Setelah berbaris dan berkenalan, waktunya kami bersiap untuk eksplor berbagai ilmu pengetahuan yang ada di dalam museum tanah dan pertanian. Disana kami mempelajari berbagai ekosistem tanah dari berbagai tempat di Indonesia yang ternyata sangaaat banyak dan subur-subur, ada biota tanah dari yang sering kami temui sampai yang belum pernah kami lihat sebelumnya, ada juga berbagai jenis bebatuan mulai dari jenis yang terlihat glossy sampai yang bertekstur seperti kayu yang dimakan rayap, ada juga dari berbagai hasil bumi seperti kopi, beras,  dan berbagai rempah-rempah yang sangat banyak jenisnya, hasil peternakan, lumbung padi, alat-alat masak tradisional seperti tungku dengan menggunakan kayu, penanak nasi dan lain-lain, alat-alat bertani mulai dari yang tradisional sampai yang modern serta ada juga loh gambaran bagaimana teknologi pertanian dimasa yang akan datang. 

Setelah puas mengeksplor isi dari museum tanah dan pertanian kami diberikan kesempatan untuk menikmati view gunung salak di rooftop museum tanah dan pertanian, setelah itu teman-teman SD 3 diberikan tantangan kuis oleh guide dan Allhamdulillah beberapa teman-teman pulang dengan membawa hadiah. 

Allhamdulillah kami banyak sekali mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai tanah dan pertanian yang ternyata sangaaattt luar biasa, kita patut mensyukuri dengan apa yang telah Allah karuniakan ke Negeri Indonesia ini, semoga kita kelak dapat ikut menjaga, melestarikan dan memanfaatkan segala yg telah Allah berikan dengan baik dan bijaksana.

Terimakasih Museum Tanah dan Pertanian sudah berkenan belajar bersama kami.

 

Galeri kami saat kunjungan : 

  

  

  

SD5 SOU Outing ke Museum Anatomi

SD5 SOU Outing ke Museum Anatomi

Rabu, 10 Agustus 2022 Siswa-siswi SD5 School of Universe melakukan pembelajaran di luar kelas. Sesuai dengan tema pembelajaran “Healthy Life”, SD5 School of Universe mempelajari semua hal yang berkaitan dengan sistem pada tubuh manusia, mulai dari sistem gerak, sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem-sistem lainnya dalam tubuh manusia. Kami pun akhirnya memilih Museum Anatomi sebagai tempat untuk mencari banyak ilmu tentang sistem-sistem tersebut. 

Museum Anatomi merupakan museum milik Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya yang dibuka untuk umum. Terletak di daerah Jakarta Utara lebih tepatnya di area Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jalan Pluit Selatan Raya No.19, RT.16/RW.8, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440, museum ini menawarkan sesuatu hal yang sangat luar biasa untuk kami SD5 School of Universe. Bagaimana tidak, SD5 School of Universe dapat mempelajari secara langsung dan jelas tentang sistem yang ada pada tubuh manusia karena Museum Anatomi Unika Atmajaya memiliki koleksi berbagai anatomi tubuh manusia dengan menggunakan peraga asli tubuh manusia ditambah juga beberapa manekin yang menggambarkan kondisi manusia seperti aslinya. Tidak hanya itu, citra tubuh manusia dalam bentuk foto radiologi pun dipamerkan dalam museum ini sehingga siswa-siswi SD5 School of Universe dapat mempelajarinya dengan lebih nyata. 

Outing ini merupakan outing pertama di SD5 School of Universe, Waaww… betapa antusiasnya teman-teman SD5 karena banyak sekali pembelajaran yang kami dapatkan. Selama di area Museum Anatomi kami dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tiap kelompok didampingi oleh ibu/bapak dokter yang baik dan SoUPER hebat untuk membimbing kami memberi penjelasan tentang semua koleksi museum tersebut. Di sana kami dapat melihat koleksi anatomi tubuh, struktur tubuh manusia, dan organ manusia secara lengkap. Kami belajar tentang kerangka, otot, peredaran darah, pernapasan, sistem indera, pencernaan, urinaria, reproduksi dan syaraf yang semua itu kita bisa lihat dalam bentuk asli dengan cara diawetkan dan dipasang di preparate yang terpajang di sana. 

 

 

Selain itu juga, kami dijelaskan terkait penyakit-penyakit apa saja yang dapat menyerang sistem organ dan bagaimana cara mencegahnya serta kami dibantu dalam mengerjakan worksheet. Ibu/Bapak dokter di sana juga sabar menjawab berbagai pertanyaan unik dari kami sehingga kami senang dan antusias mendengarkannya. Jadi bercita-cita ingin jadi dokter sepulang dari sanaaaa :D. Sayangnya kami tidak bisa mengambil banyak gambar alias foto secara pribadi di sana karena untuk urusan dokumentasi foto, hanya pengelola Museum Anatomi saja yang diperkenankan untuk mengambilnya. 

  

 

Perjalanan outing kali ini sungguh bermakna, betapa rumitnya Allah SWT menciptakan tubuh manusia sehingga semua kami merasa harus meningkatkan rasa syukur syukur dan semakin yakin akan kebesaran dan keagunggan Allah SWT sebagai Sang Maha Pencipta.

By Mrs. Wiwit 

 

Tahun Baru, Semangat Baru : Perayaan Muharram 1444 H School of Universe

Tahun Baru, Semangat Baru

Perayaan Muharram 1444 H School of Universe 

Memperingati Tahun Baru Islam 1444 H, School of Universe mengadakan berbagai kegiatan untuk menyemarakan gelaran Tahun Baru Islam tahun ini. Gebyar Muharram merupakan agenda tahunan yang rutin digelar oleh School of Universe. Untuk mengisi perayaan tahun baru islam ini, School of Universe menyelenggarakan berbagai jenis lomba seperti lomba mewarnai, lomba hafalan Al-Qur’an hingga penyelenggaraan santunan yatim. Sebanyak 31 parcel yang berisi sembako dan peralatan sekolah disiapkan oleh seluruh siswa dari masing-masing kelas untuk dibagikan pada anak yatim yang berada di lingkungan sekitar sekolah. Melalui kegiatan ini, School of Universe berupaya untuk menumbuhkan semangat siswa untuk senantiasa berbagi khususnya bagi siapa saja yang membutuhkan.  

  

Momentum Tahun Baru Hijriyah dimaknai sebagai momen bersejarah dalam umat Islam dimana penetapan awal tahun baru Islam atau awal penanggalan hijriyah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Peristiwa hijrah Nabi adalah salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Kemudian hari itu ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriyah atau kalender Islam yakni 1 Muharam 1 Hijriyah. Mengakhiri tahun lama adalah waktu yang tepat untuk bermuhasabah diri setelah melewati satu tahun yang lalu dan mengawali tahun baru merupakan momen penting untuk membuka lembaran baru dengan semangat yang baru dalam semua hal kebaikan terutama dalam beribadah. Pada momen ini juga merupakan waktu yang tepat untuk merancang resolusi agar dapat terus meningkatkan ketaqwaan pada Sang Pencipta. 

Oleh karenanya School of Universe merasa penting untuk menjadikan momen ini sebagai agenda tahunan yang wajib diselenggarakan. 

 

Melatih Ruhiyah dan Jasadiyah melalui MABIT SASS SD School of Universe

Melatih Ruhiyah dan Jasadiyah melalui MABIT SASS SD School of Universe

 

Mabit SASS di SD School of Universe merupakan agenda yang rutin dilakukan. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa para siswa SD School of Universe ini dilaksanakan satu kali di semester 1 dan satu kali di semester 2. Pada agenda mabit SASS di semester 1 ini kegiatan dilaksanakan pada Kamis-Jum’at 28-29 Juli 2022. Peserta Mabit SASS yang berasal dari kelas SD4 hingga kelas SD6 ini memulai kegiatan sejak pagi hingga siang hari di hari berikutnya. 

  

Seluruh peserta Mabit SASS alhamdulillah dapat mengikuti seluruh agenda yang telah disiapkan dengan baik. Pembiasaan ibadah seperti shalat berjamaah di awal waktu, Tilawah Al-Qur’an, sholat sunnah tahajud berjamaah, muhasabah diri, hingga mengambil hikmah dari menonton film siroh nabi diharapkan mampu memberikan dampak positif pada diri siswa sehingga ibadah-ibadah tersebut tidak hanya dilaksanakan pada Mabit SASS saja namun juga dilakukan juga di rumah masing-masing. 

  

Berbeda dengan Mabit pada umumnya, Mabit SASS School of Universe tidak hanya diisi dengan kegiatan ruhiyah saja namun juga jasadiyah. Untuk meningkatkan kekuatan dan kesehatan fisik siswa SD School of Universe, Mabit SASS diisi dengan materi Outbound-Leadership seperti Instalasi High Impact, Low Impact maupun games-games yang mengasah kekompakan tim dan kecakapan siswa dalam mengatur strategi.  Tak hanya itu, dari sisi perkembangan psikologis peserta Mabit SASS yang secara usia menginjak usia remaja diberikan materi fiqih yang berkaitan dengan kebutuhannya mempersiapkan diri menjelang aqil baligh. 

 

Melalui kegiatan Mabit SASS, SD School of Universe berikhtiar untuk dapat mendampingi perkembangan setiap siswa mempersiapkan dirinya untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik lagi dan mampu melewati setiap fase menuju kedewasaan sesuai dengan aturan Sang Pencipta. 

 

By : Ms. Mariah

 

Belajar Berdagang Sejak Dini, SD2 School of Universe Menggelar Market Day

Belajar Berdagang Sejak Dini, SD2 School of Universe Menggelar Market Day …

 

  

Yeay…it’s the time to Market Day. 

26 Agustus 2022, di hari Jum’at yang berkah ini SD2 School of Universe membuat keramaian di zona belakang School of Universe. Yup…hari ini seluruh siswa SD2 berjualan di area mini lapangan basket dengan tema Healthy Food. Jadi semua yang di jual insyaallah sehat-sehat ya… 

  

Sebelum diselenggarakan kegiatan Market Day, siswa-siswi SD2 School of Universe bersama orangtua dirumah masing-masing melakukan diskusi untuk menentukan makanan sehat apa yang akan dijual sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Fasilitator kelasnya.

Kegiatan Market Day bukanlah hal yang baru untuk siswa-siswi SD School of Universe maupun level lainnya seperti Plyagroup dan TK karena kegiatan berdagang merupakan agenda yang rutin diselengarakan sekolah. Namun demikian, antusiasme anak-anak dan orangtua pada setiap agenda berdagang selalu tinggi.  

Selain kegiatan berjualan bersama dalam kegiatan Market Day, setiap bulannya siswa juga diwajibkan untuk berjualan. Pada setiap kelas SD School of Universe, seluruh siswa dibagi dalam 4 kelompok kecil yang biasa disebut Classroom Leadership Corps (CLC). Setiap pekannya 1 CLC yang berjumlah 5-6 orang mendapatkan giliran berjualan dengan jenis barang dagangan bebas ditentukan sendiri. 

Kegiatan berjualan merupakan salahsatu kompetensi yang ada di dalam kurikulum bisnis School of Universe selain dari 3 kurikulum lainnya yakni Akhlak, Logika dan Leadership. Empat kurikulum yang diterapkan di School of Universe diharapkan mampu menghantarkan anak-anak bangsa menjadi pemimpin yang memiliki:

1. akhlak yang mulia, 

2. logika berpikir yang tajam, 

3. kuat secara fisik dan mental,

4. serta mampu mandiri secara finansial. 

Dengan konsep kurikulum yang terintegrasi satu sama lain, School of Universe menerapkan bagi siswa-siswi kelas besar mulai dari kelas 3 hingga kelas 6 menabung keuntungan jualannya sedini mungkin. Hal ini bertujuan agar setiap siswa mampu membiayai kegiatan Leadership yakni Ekspedisi Taman Nasional Ujung Kulon di SD5 dan Backpacker di SD6 dari hasil keringatnya sendiri. Para siswa diwajibkan untuk membiayai 2 kegiatan Leadership tersebut dari tabungannya sendiri sebanyak 25% untuk kegiatan Ekspedisi Taman Nasional Ujung Kulon dan sebanyak 50% untuk kegiatan Backpakcer di SD kelas 6 dari seluruh biaya yang harus dikeluarkan.

 

By : Ms. Mariah