admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Serunya Trans Country SMA School of Universe di Negara Tetangga : Serap Ilmu dengan Eksplorasi di Malaysia dan Singapura

Serunya Trans Country SMA School of Universe di Negara Tetangga : Serap Ilmu dengan Eksplorasi di Malaysia dan Singapura

SERU : Foto bersama peserta didik dan tenaga pengajar School of Universe dalam kunjungannya di Malaysia dan Singapura

SMA School of Universe selalu memiliki terobosan untuk meningkatkan wawasan bagi para peserta didiknya. Program Trans Country, menjadi salah satu program andalan yang diterapkan dalam meningkatkan wawasan siswa di negara negara tetangga. Malaysia dan Singapura misalnya.

Trans Country merupakan salah satu program School of Universe untuk membangun generasi berkarakter tangguh, bertakwa, dan cakap dalam memimpin. Kegiatan yang dikemas dalam suatu perjalanan ini, dilakukan untuk memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga bagi siswa.

Sebanyak 14 siswa kelas XII SMA School of Universe hadir dalam program tersebut. Siswa yang ada, berkesempatan untuk mengeksplorasi dua negara. Malaysia dan Singapura, guna menambah wawasan para siswa dari dua sisi dua negara tersebut.

Program yang dilaksanakan ini sesuai dengan pedoman Alquran, yang menganjurkan untuk melakukan perjalanan di muka bumi, agar dapat mempelajari peristiwa yang terjadi di berbagai tempat. Sehingga, apa yang dipelajari di berbagai belahan dunia ini dapat dijadikan hikmah dan pelajaran dalam mengembangkan wawasan, yang kelak diperlukan nantinya.

“Beberapa ayat yang membahas tentang perjalanan di muka bumi ini tercantum dalam surat Al Jumu’ah ayat 10, yang berbunyi ‘Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah SWT dan ingatlah Allah SWT banyak-banyak agar kamu beruntung,” tutur Kepala Sekolah SMA School of Universe, Mulyadi.

Sejumlah destinasi pilihan dari program Trans Country tersebut. Para siswa berkesempatan untuk mengeksplorasi berbagai lokasi yang menarik untuk dijadikan bahan pembelajaran di Malaysia dan Singapura.

Adapun, destinasi yang dieksplorasi siswa kelas XII SMA School of Universe di Singapura meliputi Merlion, Mustofa Market, Gardens by the Bay, dan Marina Bay Sands. Sedangkan, untuk destinasi di Malaysia, para siswa berkesempatan untuk mengeksplorasi Menara Petronas, Masjid Jamiek, Museum Art Gallery, Pasar Seni Malaysia, dan Mydin.

Penuh dengan harap, program Trans Country SMA School of Universe ini dapat memenuhi konten pembelajaran. Seperti penempaan karakter, penguatan spiritual, pengenalan sejarah, dan juga pengembangan bakat kewirausahaan siswa.

Selain tujuan di atas, program Trans Country ini juga diharapkan menjadi sarana yang dapat meningkatkan mental siswa. Adapun, manfaat lain dari program Trans Country ini untuk mempelajari negara-negara tetangga Indonesia seperti Malaysia dan Singapura yang dikunjungi ini dari aspek sejarah, agama, sosial budaya, bisnis, hingga pendidikan.

“Siswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh dari sekolah secara real. Bukan lagi menurut informasi dari buku atau dari guru, tetapi mereka dapat melihat, merasakan, dan mengalaminya secara langsung. Ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh dari program ini diharapkan akan menjadi sesuatu yang berkesan dan dapat bermanfaat dikemudian hari,” demikian Mulyadi menandaskan. ***

sumber : RADARDEPOK.COM | Aldy Rama