admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

SD 3 Going to Museum Serangga IPB

SD 3 Going to Museum Serangga IPB

Hari rabu tanggal 23 Augustus 2017, SD 3 SOU melaksanakan kegiatan field trip ke Museum Serangga IPB Dramaga.  Tepat pukul 08.00 pagi setelah melakukan aktifitas ibadah sholat dhuha dan opening class dengan menggunakan 3 angkot,SD 3 bersiap berangkat menuju IPB Dramaga.

Perjalanan yang biasanya macet alhamdulillah bisa dilalui dengan lancar. Hingga tepat pukul 9.30 SD 3 tiba di Fakultas Pertanian jurusan Hama dan Proteksi Tanaman IPB Dramaga tempat Museum Serangga berada.

Setiba disana SD 3 disambut dengan hangat oleh bu Atiek selaku penanggung jawab Museum Serangga beserta 4 kakak asisten yang beraktivitas sebagai mahasiswa jurusan setempat. Mengawali kegiatan dalam bentuk lingkaran besar di meja laboratorium serangga,SD 3 diajak berdiskusi tentang pengetahuan dasar serangga. Berdiskusi mulai dari jenis serangga,ciri-ciri khusus, klarifikasi serangga, proses perkembangan serangga yang terbagi dua yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, hingga bagaimana cara membentangkan serangga dalam bentuk awetan sebagai display pembelajaran.

Antusiasme dan keaktifan anak-anak meramaikan diskusi awal kegiatan karena rasa kekaguman dan penasaran sejak diawal masuk museum yang disambut dengan berbagai display serangga. Setelah melakukan diskusi bersama kakak-kakak asisten museum, SD 3 diajak untuk menonton film singkat tentang bagimana proses metamorfosis ulat menjadi sebuah kupu.kupu..."Woow..waah..hiiii..gelii"..secelumit komentar anak-anak ketika melihat film nya..masih dibuat penasaran lagi setelah melihat film..sd3 diajak untuk melihat berbagai jenis kutu menggunakan mikroskop..."yeaay..aku.duluan.aku duluan" antusiasme SD 3 berebut melihat kutu. Saling bergantianpun akhirnya anak-anak melihat berbagai jenis kutu mulai dari kutu hewan sampai kutu manusia.

Akhir kegiatan SD 3 mengekplorasi berbagai jenis koleksi serangga yang ada di museum dengan mengisi worksheet yang telah disiapkan oleh fasilitator. Dengan bimbingan kakak-kakak asisten, SD 3 melihat-lihat,menelisik dan bertanya tentang ciri-ciri dan jenis makanannya.

Alhamdulillah tepat pukul 11.30 semua aktifitas telah selesai dilakukan. Diakhiri dengn closing dan berdoa serta pemberian kenang-kenangan tidak lupa berfoto bersama..cheers.

Setelah berpamitan, SD 3 melanjutkan kegiatan sholat dhuhur dan makan siang di masjid Alhurriyah IPB. Pukul 13.00 siang setelah cukup puas bermain di halaman masjid yang luas menghijau, SD 3 brangkat menuju SOU. Alhamdulillah perjalanan sangat lancar dan anak-anak pun masih sangat antusias hingga perjalanan tidak berasa pukul 14.00 sudah sampai SOU our beloved school...yeea..I love this day..

 

Reported by : Yuntik

Dokumentasi kegiatan outing

sd3_trip_serangga_ipb01
sd3_trip_serangga_ipb02
sd3_trip_serangga_ipb03
sd3_trip_serangga_ipb04
sd3_trip_serangga_ipb05
sd3_trip_serangga_ipb06
sd3_trip_serangga_ipb07
sd3_trip_serangga_ipb08
sd3_trip_serangga_ipb09
sd3_trip_serangga_ipb10
sd3_trip_serangga_ipb11
sd3_trip_serangga_ipb12
01/12 
start stop bwd fwd