admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Lele Bumbu Kuning ala SD4 : Jago Bisnis dari Kecil

Lele Bumbu Kuning ala SD4 : Jago Bisnis dari Kecil

Kegiatan Belajar Bersama Alam (BBA) berupaya mendekatkan peserta didik dengan alam, merawat kelestarian lingkungan, dan belajar untuk menjaga lingkungan alam. Namun tidak hanya itu, muatan pendidikan karakter, akhlak, leadership hingga bisnis juga bisa diterapkan dalam sebuah kegiatan 'belajar sambil bermain' yang menyenangkan dan seru.

Seperti yang dilakukan siswa-siswi SD4 Sekolah Alam School of Universe, dalam salah satu project mereka merencanakan untuk memelihara ikan lele dengan tujuan, saat dipanen nanti dapat dijual. Persiapan proyek ini didiskusikan dikelas bersama fasilitator dan seluruh siswa-siswi SD4. Mempersiapkan kolamnya, pakan lele yang dibutuhkan hingga menghitung kapan lele dapat dipanen. Wah berarti ada matematikanya juga ya, selain mereka belajar IPA, mencari referensi tentang ikan lele melalui perpustakaan dan internet. Mereka juga menghitung modal yang diperlukan, biaya pemeliharaan sehingga dapat menentukan harga jualnya nanti.

Oh iya, mereka tidak sekedar menjual ikan lele saat panen saja, namun ikan lele tersebut akan dijual dalam bentuk lele yang siap dimasak karena sudah diberi bumbu lho. Selain menyiapkan lele bumbu kuning untuk dijual, mereka juga menyiapkan untuk masak bersama nanti bersama fasilitator dan teman-teman SD4. Siapa yang masak? ya mereka dong, kan ada cooking class, sebuah kegiatan masak bersama di kelas. 

Ada satu lagi yang harus mereka persiapkan juga, yakni bumbu yang akan digunakan untuk memasak nanti. Karena ada kelas berkebun juga, sekalian saja deh mereka menanam tanaman yang dibutuhkan untuk menu masakan nanti, diantaranya kunyit dan jahe merah. 

Beberapa bulan mereka melakukan pemeliharaan ikan lele yang sudah besar-besar, kunyit dan jahe pun sudah siap dipanen. Saat yang dinantikan pun datang, yakni seru-seruan menangkap ikan lele di kolam, memanen kunyit dan jahe sekaligus mempersiapkan bumbu masakan lele bumbu kuning. Setelah itu mereka dibantu oleh fasilitator, menimbang dan mengemasnya. Hasilnya alhamdulillah SOLD OUT dengan harga 20.000 rupiah per 500 gramnya. Hasil keuntungannya akan mereka gunakan untuk project-project seru selanjutnya. Ditunggu ya :)

  

  

sumber : fb sou, ms Dwi dan ms Sela