admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

School of Universe turut meramaikan acara Kontes Aroid Nasional 2021 di Godong Ijo Depok, Jawa Barat.

Masa pandemi covid -19 yang berkepanjangan ternyata membuat daya tarik tanaman hias semakin melambung. Permintaan tanaman hias di pasaran semakin tinggi dan beberapa jenis tanaman menjadi buruan dan langka, menyebabkan harganya sangat tinggi. Jangan heran kalau sering kita dengar ada yang menukar mobil dan rumahnya untuk sebuah tanaman hias.

Aroid adalah salah satu jenis tanaman hias yang banyak diburu oleh masyarakat dan merupakan nama lain untuk tanaman yang berasal dari keluarga Araceae atau Arum Family. Aroid termasuk dalam anggota keluarga tanaman hias yang juga populer seperti Calladium, Monstera, Aglaonema, dan Alocasia.

Tanaman Aroid memiliki 114 genera dengan lebih dari 3750 spesies dan banyak hidup di iklim tropis, seperti Indonesia. Hal ini yang menjadi alasan pemerintah kota Depok bersama Indonesian Aroid Society (IAS) yang merupakan bagian dari Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI) menggelar Kontes Aroid Nasional 2021 yang bertempat di Godong Ijo, Depok Jawa Barat pada tanggal 2 hingga 4 April 2021. 

Dalam sambutannya, Walikota Depok, Mohammad Idris sangat menyambut baik adanya kontes seperti ini untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas anak-anak muda.

"Ini salah satu bentuk kreativitas dan produktivitas anak-anak muda khususnya di kota Depok yang memberikan inspirasi kepada kita untuk punya perhatian yang mungkin sebagian orang engga peduli dengan hal-hal seperti ini," tutur Mohammad Idris, di Godong Ijo Depok, Minggu (4/4/2021). Menurut Mohammad Idris, kegiatan ini bisa menguntungkan masyarakat Depok dari segi lingkungan maupun ekonomi.

Selain kontes Aroid yang diikuti oleh ratusan peserta, di acara itu juga digelar Lelang Aroid yang menghadirkan tanaman istimewa dan langka dengan total nilai hingga ratusan juta rupiah.

Tak lupa untuk memeriahkan acara, panitia juga mengadakan doorprize dengan hadiah utama satu unit motor.

Di acara itu juga digelar bursa tanaman yang menghadirkan beragam jenis aroid yang cocok menjadi tambahan koleksi tanaman Anda.

Beberapa UMKM, lembaga sosial dan pendidikan juga turut serta meramaikan acara tersebut. School of universe, menghadirkan unit bisnis yang mengangkat potensi daerah parung dengan tanaman hiasnya. Walaupun demikian, SoUflora juga menjual tanaman hias hingga keluar negeri sesuai tagline nya 'Menjadi pusat tanaman hias Indonesia berskala Internasional". 

Tim perkusi barang bekas School of Universe, The Rombenkz juga turut meramaikan acara dengan mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi karya bermanfaat, salah satunya musik perkusi. Wali kota Depok pun juga sempat turut memainkan perkusi bersama personil The Rombenkz yang terdiri dari siswa-siswi Sekolah Alam School of Universe, Parung.

Semoga dengan hadirnya acara Kontes Aroid Indonesia 2021, semakin banyak masyarakat yang sadar akan potensi daerahnya masing-masing dan mensosialisasikannya dalam acara-acara serupa, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat terutama lembaga pendidikan dan pengusaha.

   

   

 

Dok : Bu Dini/Omar (Penampilan The Rombenkz dalam Acara Kontes Aroid Nasional 2021), Bu Yusri (Foto-foto di Godong Ijo)

Referensi : Grid.id, Tribunnews.com