admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

Giat SMA School of Universe di Bundaran Hotel Indonesia, Jajakan Varian Makanan dan Minumam Olahan Siswa

Giat SMA School of Universe di Bundaran Hotel Indonesia, Jajakan Varian Makanan dan Minumam Olahan Siswa

Siswa SMA School of Universe saat praktik bisnis di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, belum lama ini. (Aldy Rama)

Seseorang yang ingin menjadi pebisnis handal tentunya harus memiliki mental yang kuat. Di SMA School of Universe, siswa yang ada dilatih untuk memiliki mental yang kuat dalam membangun bisnis, salah satunya dengan program rutin sekolah tersebut dengan menjajakan usaha yang dikelola siswa itu sendiri.

Sebanyak 35 siswa SMA School of Universe, berkesempatan untuk terjun langsung ke dalam praktik dunia bisnis. Dalam hal ini, siswa yang ada menjajakan berbagai variasi makanan dan minuman kepada masyarakat umum di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Apa yang dilakukan siswa SMA School of Universe tersebut, merupakan program yang diinisiasi sekolah. Karena memang, sekolah ini bergerak di bidang bisnis yang terus berusaha berinovasi, guna menciptakan pengusaha muda berakhlak mulia.

Adapun, siswa SMA School of Universe yang terjun langsung ke lokasi merupakan mereka yang duduk di kelas X hingga kelas XII, dari rentang usia 16 hingga 18 tahun.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Mulyadi, selaku Kepala Sekolah SMA School of Universe, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.

"Praktik di lapangan ini menjadi program sekolah rutin satu semester satu kali,"terang Mulyadi.

Program tersebut bertujuan untuk melatih siswa agar berani dalam berkomunikasi dengan orang lain, terutama ketika siswa menjajakan berbagai varian makanan dan minuman yang mereka tawarkan kepada khalayak umum.

Penuh dengan semangat, siswa yang mengikuti program berteriak dan meyakinkan orang lain di Bundaran Hotel Indonesia. Hal itu dilakukan mereka semata-mata untuk memikat dan meyakinkan orang lain dengan produk yang mereka jajakan, agar masyarakat mau membeli barang yang ditawarkan.

Apa yang siswa tawarkan tersebut, merupakan produk makanan dan minuman yang mereka olah sendiri. Dengan kerjasama tim yang dilakukan, mereka berhasil menyajikan produk yang cukup memikat masyarakat di Bundaran Hotel Indonesia.

"Kami berharap siswa kami tambah semangat lagi untuk berbisnis di sekolah maupun di luar sekolah. Jangan mudah berputus asa, terus berjuang menjadi pebisnis sukses dunia dan akhirat," demikian Mulyadi menandaskan.***

 

sumber : RADARDEPOK.COM | Aldy Rama

 

 

Bisnis Expo Sekolah Alam School of Universe 2023 di Depok : Membangun Semangat Kewirausahaan Siswa

Bisnis Expo Sekolah Alam School of Universe 2023 di Depok : Membangun Semangat Kewirausahaan Siswa

KOMPAK : Siswa sekolah alam School of Universe foto bersama usai menghelat bisnis expo 2023, belum lama ini. (NARASUMBER)

Bisnis expo menjadi ajang kegiatan yang dihelat guna menumbuhkan semangat kewirausahaan sekolah alam School of Universe (SoU). Dalam kesempatan ini, semua siswa dapat belajar tentang bagaimana cara pintar dalam berbisnis.

Bisnis merupakan salah satu kurikulum yang diaplikasikan di sekolah alam School of Universe. Dalam rangka meningkatkan kompetensi di bidang bisnis tersebut, siswa OSIS SMA dan SMP School of Universe berkolaborasi dengan para tenaga pengajar yang ada.

Kolaborasi yang dilakukan tersebut, menciptakan kegiatan bisnis expo yang telah sukses dihelat pada 1 Desember 2023, berlangsung di sekolah alam School of Universe.

Agenda yang ditawarkan dalam kegiatan ini beragam adanya. Seperti sharing semangat kewirausahaan dengan para entrepreneur yang dihadirkan, seperti Noor Rafita (Owner Rafita’s Cake) dan Khansa sebagai Contentpreneur (alumni SoU).

Selain itu, bisnis expo yang dihelat juga mengadakan kegiatan workshop menghias cupcake, melukis totebag, dan meronce serta lomba melukis totebag, dihadiri oleh peserta dari luar sekolah alam School of Universe.

Ada juga wahana outbound yang merupakan bagian dari unit bisnis SoU, yang berkesempatan dalam mewarnai kegiatan bisnis di kala itu.

Bisnis expo yang berlangsung turut didampingi Mulyadi, selaku Kepala Sekolah SMA School of Universe.

"Bisnis expo ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan, dengan memperkenalkan produk-produk siswa ke lingkungan luar, juga sebagai wujud pengimplementasian kurikulum merdeka dalam dimensi kewirausahaan," jelas Mulyadi.

Dalam hal ini bisnis expo yang berlangsung, siswa tidak hanya belajar secara teori. Tetapi juga dapat mempraktekannya secara langsung, melalui proyek event yang dilaksanakan secara kolaboratif.

"Kegiatan ini tentu memberikan keleluasaan bagi guru dan siswa sehingga dapat menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik," demikian Mulyadi menandaskan.***

 

sumber : RADARDEPOK.COM | Aldy Rama

Serunya Trans Country SMA School of Universe di Negara Tetangga : Serap Ilmu dengan Eksplorasi di Malaysia dan Singapura

Serunya Trans Country SMA School of Universe di Negara Tetangga : Serap Ilmu dengan Eksplorasi di Malaysia dan Singapura

SERU : Foto bersama peserta didik dan tenaga pengajar School of Universe dalam kunjungannya di Malaysia dan Singapura

SMA School of Universe selalu memiliki terobosan untuk meningkatkan wawasan bagi para peserta didiknya. Program Trans Country, menjadi salah satu program andalan yang diterapkan dalam meningkatkan wawasan siswa di negara negara tetangga. Malaysia dan Singapura misalnya.

Trans Country merupakan salah satu program School of Universe untuk membangun generasi berkarakter tangguh, bertakwa, dan cakap dalam memimpin. Kegiatan yang dikemas dalam suatu perjalanan ini, dilakukan untuk memberikan wawasan dan pengalaman yang berharga bagi siswa.

Sebanyak 14 siswa kelas XII SMA School of Universe hadir dalam program tersebut. Siswa yang ada, berkesempatan untuk mengeksplorasi dua negara. Malaysia dan Singapura, guna menambah wawasan para siswa dari dua sisi dua negara tersebut.

Program yang dilaksanakan ini sesuai dengan pedoman Alquran, yang menganjurkan untuk melakukan perjalanan di muka bumi, agar dapat mempelajari peristiwa yang terjadi di berbagai tempat. Sehingga, apa yang dipelajari di berbagai belahan dunia ini dapat dijadikan hikmah dan pelajaran dalam mengembangkan wawasan, yang kelak diperlukan nantinya.

“Beberapa ayat yang membahas tentang perjalanan di muka bumi ini tercantum dalam surat Al Jumu’ah ayat 10, yang berbunyi ‘Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah SWT dan ingatlah Allah SWT banyak-banyak agar kamu beruntung,” tutur Kepala Sekolah SMA School of Universe, Mulyadi.

Sejumlah destinasi pilihan dari program Trans Country tersebut. Para siswa berkesempatan untuk mengeksplorasi berbagai lokasi yang menarik untuk dijadikan bahan pembelajaran di Malaysia dan Singapura.

Adapun, destinasi yang dieksplorasi siswa kelas XII SMA School of Universe di Singapura meliputi Merlion, Mustofa Market, Gardens by the Bay, dan Marina Bay Sands. Sedangkan, untuk destinasi di Malaysia, para siswa berkesempatan untuk mengeksplorasi Menara Petronas, Masjid Jamiek, Museum Art Gallery, Pasar Seni Malaysia, dan Mydin.

Penuh dengan harap, program Trans Country SMA School of Universe ini dapat memenuhi konten pembelajaran. Seperti penempaan karakter, penguatan spiritual, pengenalan sejarah, dan juga pengembangan bakat kewirausahaan siswa.

Selain tujuan di atas, program Trans Country ini juga diharapkan menjadi sarana yang dapat meningkatkan mental siswa. Adapun, manfaat lain dari program Trans Country ini untuk mempelajari negara-negara tetangga Indonesia seperti Malaysia dan Singapura yang dikunjungi ini dari aspek sejarah, agama, sosial budaya, bisnis, hingga pendidikan.

“Siswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang mereka peroleh dari sekolah secara real. Bukan lagi menurut informasi dari buku atau dari guru, tetapi mereka dapat melihat, merasakan, dan mengalaminya secara langsung. Ilmu dan pengalaman yang mereka peroleh dari program ini diharapkan akan menjadi sesuatu yang berkesan dan dapat bermanfaat dikemudian hari,” demikian Mulyadi menandaskan. ***

sumber : RADARDEPOK.COM | Aldy Rama

Serunya Anak-anak Playgroup belanja ke Hyfresh

Hallo gaeess...

Welcome to Playgroup  Sekolah Alam School of Universe

Sekolah Alam School of Universe terus memberikan pengalaman  bersekolah yang menyenangkan untuk anak-anak dan memberikan pengalaman  praktik yang nyata sehingga anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan ilmunya.

Setelah melakukan field trip ke Hyfresh Bojongsari, Tepatnya pada tanggal 21 Februari 2024 Playgroup School of Universe bersama kepala sekolah, fasilitator kelas dan guru pendamping kelas melakukan outing kelas ke tempat yang berbeda dari tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya kita mendatangi salah satu kedai J.Co untuk menghias donat, kali ini kita mendatangi supermarket terdekat untuk  shopping...!

Outing kali ini kenapa harus ke Hyfresh ..,? kan Hyfres tempat belanja ibu-ibu, kok anak-anak Playgroup dibawa ke Hyfresh, kira-kira mau ngapain yah kita di Hyfresh...?

oke gaess...markicahuu...Mari kita cari tahuu...!!!

Pertama-tama karena hal ini berdasarkan dengan Tema pertama kita di semester 2  yaitu "Colors and Shapes" dimana disana anak-anak akan tetap mempelajari hal yang bersangkutan dengan tema tersebut, seperti mempelajari berbagai macam warna dan bentuk geometri pada buah, benda dan snack yang ada di Hyfresh. Selain itu karena Hyfresh sendiri memiliki program field trip pada tahun ini dan didalam program mereka ada proses cooking yaitu menghias pizza, jadi kali ini kita tidak hanya shopping tapi kita juga akan mengikuti kegiatan cooking yaitu menghias pizza...

Sesampainya di sana teman-teman kecil kita yang hadir terlihat sangat antusias untuk segera shopping dan cooking. Sebelum  melakukan kegiatan seperti biasa Mrs. Mega dan Mrs. Ayu selaku fasilitator kelas PG mengajak anak-anak untuk berdo'a terlebih dulu. Setelah itu anak-anak  diharuskan berbaris mendengarkan peraturan yang akan diberikan oleh staff manager Hyfresh sekaligus beliau yang akan membimbing kami dalam proses field trip shopping dan cooking kali ini...

Sebelum memulai shopping anak-anak diajak touring berkeliling Hyfres sambil bernyanyi bersama pak Tino dari Hyfresh. Kemudian anak-anak  diberikan informasi mengenai produk-produk apa saja yang ada di Hyfresh. Kami selaku fasil bekerjasama dengan pak Tino untuk mengkondisikan anak-anak supaya tetap tertib dan terarah jalannya dengan diiring lagu naik kereta api dan lagu kingkong...serruu dehh pastinyaa

 

“nah anak-anak di Hyfresh itu selain menyediakan sayur dan buah-buah segar di sini juga menyediakan ikan dan daging yang segar tentunya, niiih lihat niihh ikannya masih hidupkan...?,” ujar pak Tino sambil menunjuk ikan yang ada didalam aquarium besar, ini namanya ikan apa hayoo siapa yang tau, lanjut pak Tino, ikan gurame !!! sahut salah satu anak, iya betul ini ikan gurame jawab pak Tino sambil bertepuk tangan...

Setelah selesai touring bareng pak Tino, kini saatnya anak-anak shopping dengan ketentuan yang sudah disiapkan oleh fasilitator, nah shopping disini bukan berarti anak-anak bisa mengambil semua barang sesuai keinginannya, akan tetapi dalam aturan shopping kali ini pertama-tama anak-anak diminta untuk berbaris tertib kemudian mz Mega sudah menyiapkan kartu warna warni dan kartu beberapa bentuk geometri, jadi anak-anak mengambil 2 kartu untuk shopping satu kartu warna dan yang satunya kartu bentuk. waahh gimana siihh mau belanja aja kok ribet....hehe

jadi, misalnya jika anak mendapatkan warna hijau maka si anak diminta untuk mencari buah yang berwarna hijau, kemudian untuk bentuk jika si anak mendapat kartu bentuk lingkaran maka itu artinya ia diminta untuk mencari benda atau snack yang berbentuk lingkaran, seperti springles contohnya... nahh begitu kira-kira gambaran praktek shopping dengan tema colors and shapes disini teman-teman...gimana..? seruu kaann..?

eeiittzz jangan di skip dulu yahh, masih ada kegiatan yang gak kalah seru pastinya yaitu kegiatan cooking menghias pizza,nah setelah selesai shopping anak-anak diberitahukan nantinya akan menghias pizza. Selain diberitahukan cara menghiasnya, anak-anak juga diberitahukan mengenai alat-alat dan bahan  yang digunakan dalam proses menghias pizza. Dalam menghias pizza ini kita masih dibimbing oleh pak Tino dan mbak Santi dari team Hyfresh, mereka sangat ulet dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anak, terinakasih pak Tino dan mbak Santi..

waahhh seru bangett pastii...gimana yah prosesnya...

yuuukk langsung aja ke intinya...

Proses ini dimulai dengan membuka plastik wrape yang membungkus adonan pizza yang sudah matang, kemudian mbak Santi memperkenalkan bahan-bahan toping yang akan digunakan yaitu saos, sosis, keju mozarela dan sayur,lalu pak Tino mengajakk ayo anak-anak pak Tino akan memberitahukan cara menghias toping pizza nya kita coba yah...Ujar pak Tino 

"Ambil saus oles oles oles"

"Ambil keju pluk pluk pluk"

"Ambil sosis tap tap tap"

"Ambil sayur pluk pluk pluk" 

Wahh seru banget ternyata tidak terlalu sulit untuk menghias toping pizza, Antusiasme terlihat dari anak-anak PG School of Universe  yang ikut langsung dalam kegiatan cooking ini. Mereka sangat memperhatikan dan teliti mendengarkan setiap arahan yang diberikan.

Dalam melakukan outing ini selain mengenalkan anak-anak tentang bentuk dan warna  juga melatih kesabaran si kecil Ternyata untuk bisa menikmati pizza yang lezat ada proses yang harus dilakukan didalamnya. Dalam outing ini anak-anak juga diberikan woorksheet oleh Fasilitator kelas untuk menggambar bentuk buah dan benda yang mereka temui baik saat shopping maupun cooking.

Usai sudah kegiatan outing kita kali ini, selain bisa shopping anak-anak juga dapat menghias pizza dan menikmati lezatnya pizza hiasan sendiri untuk dibawa  ke rumah. wahhh anak-anak terlihat sangat senang dan bergembira

Kegiatan outing kita diakhiri dengan foto bersama kami PG School of Universe bersama kepala sekolah, Fasilitator kelas, dan guru pendamping kelas dengan pak Tino dan mbak Santi dari team Hyfres yang sudah memandu kami selama field trip outing class di Hyfresh Bojongsari Depok.

oke teman-teman segitu dulu yah cerita kita hari ini, nantikan keseruan cerita dari kita Playgroup School of Universe selanjutnya....See you

By Mrs Ayu

  

 

Outing Mini Backpacker Kindergarten A-B

Kindergarten A-B menggelar kegiatan Outing Class yang bertemakan “Mini Backpacker” Pada Kamis, 22 Februari 2024. Seluruh siswa siswi Kindergarten A-B turut serta dalam kegiatan dengan tujuan untuk mengenalkan salah jenis transportasi umum, yaitu kereta api dan Grab untuk TK A, sedangkan untuk teman-teman TK B bertujuan untuk mengenalkan profesi yang ada di Stasiun. Kenapa kami memperkenalkan Profesi dan transportasi karena sesuai dengan tema pembelajaran kami selama 3 bulan ini, TK A sedang mempelajari tema Transportation sedangkan TK B dengan tema Proffession. 

kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan transportasi dan Profesi saja, tetapi juga untuk melatih keterampilan sosial teman-teman, Kami ingin anak-anak tidak hanya mengenal kereta api sebagai salah satu sarana transportasi dan profesi yang ada di sana saja, tetapi juga dapat belajar untuk mandiri, bersosialisasi, mengantri dengan sabar, dapat mengenal berbagai macam kartu untuk naik kereta dan dapat menggunakan transportasi umum dengan baik. 

Kegiatan dimulai pukul 07.30 yaitu breafing dan doa bersama, 08.00 kami berangkat menggunakan mobil grab, karena kami memiliki 7 kelompok sehingga kami berangkat menggunakan 7 buah mobil grab. Pukul 09.00 kami sampai di tujuan pertama yaitu di Stasiun Bojong Gede, di sana kami disambut hangat oleh seluruh staff yang adai di stasiun, lalu kami mengikuti arahan dari staf dan mendengarkan penjelasan dari bu Ismi terkait dengan aturan naik kereta api, lalu setelah itu mereka langsung diajak untuk merasakan pengalaman langsung naik kereta api. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak TK School of Universe. Dilanjutkan dengan perjalanan ke Stasiun Bogor, Teman-teman TK A-B sangat antusias sekali ketika naik kereta, mereka terlihat happy walaupun cape, mereka tetap riang gembira. Pukul 10.00 kami sampai di Stasiun selanjutnya yaitu Stasiun Bogor, di sana kami di sambut hangat oleh staf Stasiun Bogor, ada Pak Koswara, ka Nabila  Mas Abuy, dan lainnya. Teman-teman terlihat sangat antusiasme dalam menyimak penjelasan dari pengelola stasiun kereta api, mulai dari cara memperoleh tiket hingga prosedur keamanan di dalam stasiun dan penjelasan tentang kereta api serta Profesi yang ada di stasiun, teman- teman TK di sana mendapatkan banyak sekali ilmu karena bisa belajar langsung dengan Masternya. Kegiatan di sana berlangsung hingga pukul 11.00. 

 

 

Briefing sebelum keberangkatan

 

  Berangkat menggunakan transportasi grab

Alhamdulillah sudah sampai di dalam Stasiun Bojong

Perjalanan menuju ke stasiun Bojong Gede melewati jembatan sky bridge

Alhamdulillah kami sudah sampai di depan stasiun Bojong Gede, sedang mendengarkan penjelasan dari Bu Ismi terkait peraturan yang harus di taati ketika naik Kereta Api.

Yeeayy akhirnya kami naik Kereta , seru sekali naik kereta bersama teman-teman dan Miss serta Mr

Akhirnya sampai juga di Stasiun Bogor, dan kami langsung menyimak materi yang diberikan oleh para petugas Stasiun Kereta Api, kami mendapatkan banyak sekali ilmun terkait profesi apa saja yang ada di Stasiun Bogor, dan terkait transportasi yang kami gunakan ketika di stasiun. Selain itu kami juga mempelajari terkait dengan peraturan yang ada di stasiun dan Kereta Api.

Pukul 11.00 kami melanjutkan perjalanan menuju Alun-Alun Kota Bogor, di sana kami makan siang Bersama, setelah makan siang selesai kami main-main sebentar sambil mengistirahatkan badan yang sudah Lelah ini, lalu tak lama kemudian Adzan berkumandang dan kami melaksanakan shalat Zuhur berjamaah di Masjid Alun-Alun Kota Bogor. 

Setelah shalat zuhur kami melaksanakan evaluasi kegiatan dan tanya jawab Bersama dengan teman-teman TK. Setelah itu, kami diberi waktu 15 menit untuk main Kembali di Alun-alun dan semua terlihat sangat Happy karena bisa main dan foto Bersama di Alun-alun. 

 

Makan siang Bersama di Alun-alun Kota Bogor

Foto Fasilitator yang keren-keren dan sangat hebat

Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan mereka pengalaman baru yang menyenangkan dan mendidik. Mereka dapat merasakan sensasi naik kereta api dan belajar banyak hal sepanjang perjalanan. Diharapkan dapat menjadi momen berkesan bagi anak-anak School of Universe. Melalui kegiatan ini, sekolah berupaya memberikan pengalaman pendidikan di luar kelas yang tidak hanya mendidik, tetapi juga menggugah rasa ingin tahu dan keingintahuan anak-anak terhadap dunia sekitar.

Sekian cerita dari saya,, ditunggu cerita serruuuu lainnyaa