All for Joomla All for Webmasters
admin@school-of-universe.com
0251 860 3233    
0856 8080 868
slide01
slide02
slide03
slide04
slide05
slide06

MUNAS IV JSAN

Menuju 25 tahun Gerakan Sekolah Alam

Pada tahun 2019 ini, sudah 20 tahun sejak sekolah alam pertama didirikan oleh Lendo Novo di Ciganjur Jakarta Selatan. Seiring dengan makin diterimanya konsep pendidikan sekolahalam di Indonesia, inilah saatnya untuk menentukan peta sekolah alam untuk 20 tahun ke depan.

Empat tahun berlalu sejak Munas III di Bogor, berbagai kegiatan dan karya telah dilakukan bersama. Kini saatnya di Musyawarah Nasional IV menyegarkan kembali langkah JSAN dengan memilih pengurus baru JSAN yang akan menjadi pengurus periode 2019-2023.

Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) adalah jejaring bagi para guru dan pegiat sekolah alam se-nusantara, sebagai wadah berbagi semangat, inspirasi, pengetahuan dan gagasan. Sejak berdirinya Sekolah Alam Ciganjur di tahun 1998, konsep sekolah alam telah diadopsi di berbagai daerah, mulai Aceh hingga Papua. Pada tanggal 1-3 Juli 2011, bertepatan dengan acara Jambore Sekolah Alam Nusantara di Lembang, dibentuklah Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) sebagai wadah sekolah alam se-nusantara. Saat ini, tidak kurang dari 120 sekolah alam bergabung dalam jaringan.

Pada kesempatan Musyawarah Nasional IV ini juga digelar acara Konferensi Siswa Sekolah Alam. Konferensi Siswa Sekolah Alam menampilkan serangkaian proyek penelitian dengan tema "Change Our Relationship with the Planet". Agenda ini mengundang siswa sekolah alam usia 14 - 19 tahun untuk mempresentasikan proyek penelitian mereka dalam rangkaian acara Munas JSAN IV. Dalam konferensi ini, beberapa siswa sekolah alam yang pernah mengikuti konferensi internasional yang dihelat CEI (Caretakers of the Environment International) akan turut hadir sebagai panelis.

Sebagai salah satu pilar kurikulum sekolahalam, entrepreneurship atau kewirausahaan adalah jiwa yang senantiasa ditumbuhkan dalam proses pendidikan setiap siswa. Tak heran, beberapa siswa SA dan para alumninya telah berwirausaha dalam usia muda. Forum Pebisnis Muda Sekolah Alam mengumpulkan para siswa dan alumni sekolah alam untuk memamerkan dan mempresentasikan bisnisnya di hadapan panelis dan para pengunjung festival.

Mengambil spirit Jogja sebagai kota pendidikan dan kota perjuangan, JSAN bertekad untuk menancapkan sekolah alam sebagai konsep pendidikan yang membawa negeri ini ke arah yang lebih baik. Acara Munas kali ini diadakan di area Benteng Vredeburg dan Taman Budaya Yogyakarta. Sebuah area yang juga dekat dengan KM 0 kota Yogyakarta. Sebagai penanda niat untuk memulai kembali pembangunan peradaban Indonesia dan dunia melalui pendidikan dengan konsep sekolah alam.

Pembicara dalam Munas ini adalah Lendo Novo, Konseptor Sekolahalam, Achmad Zaky CEO Bukalapak, Azzam Habibullah, Penulis Muda dan Nurul Khamdi Ketua JSAN.

 

http://munasjsan.weebly.com